Berita  

Doa Dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Menurut Syariat Islam

– Berikut ini adalah doa penyembelihan hewan kurban.

Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan setelah shalat Idul Adha dan pada hari Tasyrik pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Wajib membaca doa dan menyebut nama Allah sebelum menyembelih hewan kurban.

Tukang daging harus seorang Muslim.

Posisi penyembelihan dan hewan kurban juga harus menghadap kiblat.

Selengkapnya simak doa penyembelihan hewan kurban yang dikutip Kemenag dan tata caranya berikut ini.

Doa Penyembelihan Hewan Kurban Versi 1

Aku menghadapkan wajahku pada beratnya mereka yang menghancurkan langit dan bumi untuk doa-doaku, jiwaku, Tuhanku, dan Bunda Tuhan, dan aku musyrik. Dengan nama Allah yang maha pengasih. Tuhan memberkati tuan kita Muhammad dan keluarga tuan kita Muhammad. Tuhan itu hebat Tuhan itu hebat Tuhan itu hebat Tuhan itu hebat Puji Tuhan Ya Tuhan, ini bersamamu dan kamu. Tuhan menerima dari saya / seperti yang Anda terima dari Abraham sesekali.

Itu berarti:

“Aku telah menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dalam keadaan jujur ​​dan tunduk. Aku tidak musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku adalah bagi saya sendiri. , Tuhan dunia, dia tidak memiliki sekutu, dan saya telah diperintahkan untuk tidak mempersekutukannya, dan saya termasuk dalam kelompok Muslim.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah Nabi Muhammad dan keluarganya. Besarlah Tuhan, besarlah Tuhan, besarlah Tuhan, dan bagi Tuhan sajalah segala puji. Ya Allah, hewan ini adalah nikmat-Mu dan itu membawaku lebih dekat kepada-Mu. Ya Allah, terimalah dari saya/banyak (nama korban) seperti yang Anda terima dari Ibrahim, nabi yang Anda cintai.”

Doa menyembelih hewan kurban untuk Idul Adha Versi 2

Atas nama Tuhan, Tuhan Maha Besar. Tuhan lebih besar dari Anda dan Anda. Ini tentang saya.

Bismillahi wallahu akbar (Allahumma minka wa laka). Alahuma Tacobal Mini.

Artinya: “Besarlah Allah dan dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, karunia ini untuk Anda dan Anda. Ya Allah, ambillah (pengorbanan ini) dari saya” (HR Muslim dan Al Baihaqi).

Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban

Penyembelihan hewan kurban dilakukan pada waktu yang dipersyaratkan, yaitu pada hari raya Idul Adha dan tasyrik (11, 12, 13 Zulhijjah).

Berikut prosedur yang dikutip Kementerian Agama.

Berikut ini adalah doa menyembelih hewan kurban dari kitab Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu yang disusun oleh Syekh Wahbah Al-Zuhaili.

tiang pembantaian

1. Pembunuh Muslim

2. Hewan yang disembelih adalah hewan yang halal, dan pada hakikatnya cara perolehan yang halal dan halal bukanlah hasil dari pencurian atau penipuan.

3. Alat penyembelihan harus tajam untuk mempercepat proses penyembelihan hewan dan tidak terlalu menderita selama penyembelihan.

4. Tujuan penyembelihan untuk tujuan ridha Allah bukanlah untuk kurban atau sesajen leluhur, berhala, atau ritual kemusyrikan lainnya.

Jika tujuannya untuk ritual atau kegiatan syirik, hukum daging hewan adalah haram meskipun hewan itu halal dan mengandung kalimat Bismillhi wallahu akbar (Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar). pembantaian.

metode pembantaian

1. Turunkan hewan yang akan disembelih, ikat kakinya dan arahkan ke rusuk kiri agar mudah disembelih.

2. Arahkan diri Anda dan hewan kurban ke arah kiblat

3. Pembuluh darah di sisi kiri dan kanan leher dan kerongkongan dipotong sampai putus dan mati dengan cepat.

Vena esofagus adalah saluran makanan.

Kedua pembuluh darah ini harus dipatahkan.

4. Membaca Bismillahi wallahu akbar saat menyembelih (dengan menyebut nama Allah. Allah Maha Besar)

5. Hewan dengan leher yang cukup panjang harus disembelih di atas leher agar cepat mati.

6. Jika leher tidak dapat disembelih karena alam liar atau tenggelam dalam lubang, kematian karena penyembelihan dan bukan karena alasan lain dan karena itu disembelih di bagian tubuh mana pun. , dengan tidak lupa menyebut nama Tuhan.

7. Setelah hewan atau hewan benar-benar mati, dapat dikuliti.

(/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait doa penyembelihan hewan kurban