Berita  

Harga Tiket Bus Mudik Lebaran Berpotensi Melonjak Hingga 65 Persen

JAKARTA – Harga Tiket Bus Antar Kota (AKAP) diperkirakan akan naik jelang libur Lebaran 2022.

Kurnia Adnan Lesani, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Muda Otobus (IPOMI), mengatakan kenaikan harga tiket bus akan terus berlangsung hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Bahkan, menurut Kurnia, kenaikan harga bisa mencapai 65% dibandingkan harga normal (masa mudik, bukan Lebaran).

“Kenaikan tarif akan dimulai pada 24 April 2022. Untuk jarak dekat biasanya bertahap dan meningkat saat mendekati hari H,” kata Kurnia saat dihubungi Minggu (17/4/2022).

“Kenaikan tarif berkisar antara 30% hingga 65%”, lanjutnya.

Namun Kurnia mengatakan saat ini operator bus sudah mulai menjual tiket angkutan Lebaran pada 2022.

Pada Lebaran tahun ini, pangsa penumpang bus yang hanya 70% pada 2021, bisa ditingkatkan menjadi 100%.

Ia juga mengungkapkan bahwa Jawa Tengah tetap menjadi tujuan pilihan di wilayah Jakarta untuk transportasi pulang-pergi pada tahun 2022.

Menurut dia, load factor bisa ditingkatkan hingga 100% karena kondisi perjalanan baru, yakni hasil tes antigen negatif dan PCR untuk penumpang bus tidak diperlukan.

“Selain itu, kebijakan ini pasti akan mempermudah perjalanan masyarakat. Selain itu, kebijakan ini juga pasti memungkinkan pemerintah untuk memastikan masyarakat mendapatkan vaksinasi sebelum bepergian. Karena terminal sekarang memiliki penumpang yang tidak divaksinasi. Karena kami memiliki fasilitas vaksin untuk . ” kata Kurnia.

Menurut Kurnia, kebijakan terbaru ini tentunya sangat baik agar pemerintah bisa lebih maksimal mengawasi mereka yang belum divaksinasi.

Ia menyimpulkan bahwa “dibandingkan dengan larangan mudik, kebijakan ini sangat efektif dalam meningkatkan program imunisasi di masyarakat dan menjaga kesehatan mereka yang bepergian”.

Pantauan, dua pekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1433 H, harga AKAP (Tiket Bus Antar Kota) melonjak tajam.

Tarif bus untuk membawa mereka yang kembali ke kota-kota di Jawa telah meroket.

Jika Anda mencari di aplikasi travel bus AKAP RedBus, harga tiket bus Kelas Eksekutif PO Haryanto dari terminal Pulogebang hari ke-3 Idul Fitri ke terminal Tirtonadi Solo adalah Rp546.000.

Untuk PO bus kelas yang sama berangkat H-7 hingga Lebaran, harga tiketnya Rp 525.000.

Kebanyakan PO bus ke Solo untuk keberangkatan H-3 Lebaran memiliki harga tiket yang tinggi.

Harga berkisar dari Rp 430.000 hingga Rp 546.000.

Hanya Damriverse PO yang memberikan harga AC Business Class murah di Rp315.000.

Sedangkan untuk bus tujuan Surabaya harganya jauh lebih mahal, mencapai Rp. Baik itu 7 hari di Idul Fitri atau 3 hari di Idul Fitri, 700.000 untuk Kelas Eksekutif.