Berita  

Hari Ini Presiden Jokowi Tinjau Program Padat Karya Tunai Di Cirebon

. COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kegiatan jalan dan jembatan padat likuiditas yang dilakukan di Desa Pangunan, Provinsi Limahongkok, pada Rabu (13/4/2022) dalam rangkaian kegiatan di Cirebon, Jawa Barat.

Kegiatan tunai padat karya meliputi pemeliharaan taman dan fasilitas pejalan kaki.

Whelan Octavian, Presiden DKI Jakarta – Pusat Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Barat, mengatakan kegiatan padat karya hari ini meliputi pembersihan saluran serta pembersihan dan makelar jalan.

”Hari ini kami kerja di seksi Cirebon di Rosari, Jawa Tengah. Ada sekitar 7 lokasi. Ada pembersihan saluran dan juga pembersihan media non-cat. Hanya pembersihan,” kata Whelan.

Whelan mengaku melakukan kegiatan padat karya seperti membersihkan tengah dua kali setahun sebelum Lebaran, Natal, dan Malam Tahun Baru (Nataro). Whelan ingin kegiatan padat karya di Jabar selesai hingga 14 hari sebelumnya.

Ia melanjutkan, ”Ini bisa dilakukan pada H-14 Idul Fitri se-Jawa Barat.”

Menurut data Kementerian Perumahan Rakyat dan Perumahan Rakyat (PUPR), total anggaran Rp 133 miliar dihabiskan untuk kegiatan padat karya di Jawa Barat untuk pemeliharaan jalan rutin, prosedur jembatan, dan revitalisasi drainase.

Ketiga kegiatan ini dilakukan dengan cara membayar langsung kepada para pekerja di wilayah kerjanya atas dasar swakelola.

Selain itu, program padat karya lainnya dikelola secara kontraktual oleh penyedia jasa dengan total anggaran Rp 183 miliar.

Jumlah hari kerja (HOK) untuk program padat karya di Jawa Barat adalah 377.486.

Dalam peninjauan kegiatan padat karya tersebut, Presiden didampingi Sekretaris PUPR Basuki Hadimuligono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.