Jaga Kehamilan Anda Tetap Sehat Dan Perhatikan Asupan Mikronutrien Dan Makronutrien Anda

Wartawan , Lina Ayu

, JAKARTA — Jika Anda sering mendengar istilah 1000 hari pertama (HPK), maka tentunya Anda perlu mempersiapkan kehamilan.

Sebab, kualitas hidup masa depan ditentukan sejak awal tumbuh kembang janin dalam kandungan ibu.

Ibu hamil dianjurkan untuk memperhatikan gizinya untuk menunjang kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Dari zat gizi makro seperti protein, lemak atau karbohidrat hingga zat gizi mikro seperti asam folat, zat besi, yodium dan kalsium, serta minyak ikan sebagai sumber DHA.

Mengapa DHA penting?

Dokter kandungan-ginekolog Boy Abidin, Sp.OG mengatakan bahwa kekurangan atau kekurangan DHA selama kehamilan dapat menimbulkan banyak risiko.

Hal ini umumnya terkait dengan kelahiran prematur, risiko preeklamsia, dan berat badan lahir rendah (BBLR). Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang tidak teredukasi tentang asupan zat gizi mikro, termasuk DHA.

“Salah satu cara termudah untuk mendapatkan DHA adalah dengan minyak ikan sebagai sumber utama Anda,“ ujarnya dalam sebuah kegiatan beberapa waktu lalu.

Salah satu sumber DHA yang baik adalah makan ikan. Misalnya, Food and Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi 225 hingga 350 gram ikan per minggu atau 300 mg DHA per hari.

Sayangnya, bagaimanapun, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa 21% wanita hamil tidak makan ikan selama kehamilan, dan 75% wanita hamil makan kurang dari 115 gram per minggu.

Menyadari pentingnya nutrisi selama kehamilan, Blackmores meluncurkan Program Blackmores Care for Mother Nutrition bekerja sama dengan FoodCycle Indonesia dan Gita Pertiwi Foundation.

Kerjasama ini dilakukan dengan mengisi 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu secara solo mulai April hingga September tahun depan.

“Kami percaya bahwa tumbuh kembang anak dimulai dari ibu yang sehat. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold, salah satu produk premium Blackmore, mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien ibu dan bayi selama kehamilan dan menyusui.” Tiffany Pratiwi Suwan d.

Bayi dengan berat badan kurang dari 2,5 kg saat lahir dikatakan memiliki berat badan lahir rendah. Salah satu penyebab BBLR adalah kurangnya asupan zat gizi mikro seperti zat besi, asam folat, kalsium, vitamin B12 dan seng, termasuk minyak ikan.