Ketum PP Perbasi: Timnas 3×3 Putra Sudah Mulai Latihan

JAKARTA – Latihan pembuka tim basket 3×3 putra Indonesia menyita perhatian Danny Kosassi, presiden PP Perbasi. Ia berada di Senyan Basketball Hall pada Selasa pagi (5/4/2022).

Kedatangannya untuk menyemangati delapan pemain yang dipanggil berlaga di SEA Games XXXI di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022.

Danny menjelaskan, “Tim 3×3 putra sudah mulai berlatih. Tim yang meraih medali perak di SEA Games setidaknya bisa mempertahankannya nanti, tetapi jika sudah lebih baik, mari kita dukung tim 3×3 putra bersama-sama”.

Danny menekankan bahwa bola basket 3×3 tidak boleh dianggap enteng, dan gagasan bahwa pemain 3×3 adalah orang buangan dari 5×5 harus ditinggalkan.

Juga PP Perbasi sangat memperhatikan 3×3. Fase ini dimulai dengan mempersiapkan pemain muda untuk kategori ini. Dari usia di bawah 16 tahun hingga di bawah 18 tahun.

“Dengan begitu yang 3×3 tidak akan kehabisan stok ke depan, mengingat sistem 3×3 berbeda dengan sistem 5×5,†ujarnya.

Salah satu pemain top timnas 3×3 sekaligus peraih medali perak SEA GAMES Manila 2019, Surlyyadin mengaku senang dengan pencapaian PP Perbasi. Setelah mempersiapkan waktu ini, saya memperkenalkan para pemain muda. Ke-8 pemain yang ada di daftar summon ini adalah campuran dari pemain muda dan tua.

“Saya kira kombinasi pemain muda dan tua sangat bagus untuk perkembangan Indonesia 3×3 ke depan,” jelas Surlyadin.

Belakangan, pemain Bali United berusia 31 tahun itu terus berlaga di SEA Games Vietnam. Semua negara memiliki kesempatan yang sama. Semua negara harus mempersiapkan tim mereka semaksimal mungkin setelah belajar dari implementasi sebelumnya.

“Kami berharap persiapan bulan ini akan membantu kami mencapai tujuan kami dan menjadi jauh lebih baik dari penyelesaian 2019 kami,” jelas Sorledin.