Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa

Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa – Syria (atau Syria) memainkan peran penting dalam perkembangan Kekristenan mula-mula. Diyakini bahwa Injil Matius, Injil Lukas, Dache, Ignatiana dan Injil Thomas ditulis di sini. Suriah adalah negara di mana bahasa Yunani Koine bercampur dengan bahasa Syria, yang terkait dengan bahasa Aram yang digunakan oleh Yesus dan para rasul. Itulah sebabnya para sarjana kitab suci sangat menghormati versi Syria.

Sarjana Pars menemukan lima atau enam versi Alkitab Syria dari semua atau sebagian Perjanjian Baru dari Alkitab Kristen. Ada kemungkinan beberapa terjemahan telah hilang. Banyak manuskrip sekarang berada di British Library dan perpustakaan lain di Eropa. Naskah telah ditemukan di negara-negara seperti Lebanon, Mesir, Sinai, Mesopotamia, Armenia, Georgia, India, dan bahkan dari China. Ini adalah bukti sejarah yang kuat dari aktivitas Gereja Suriah.

Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa

Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa

Terjemahan pertama dari Injil adalah dalam bahasa Syria. Kata “Siria” adalah kata Yunani untuk bahasa daerah orang Suriah. Ini sebenarnya bahasa Aram yang digunakan di Syria. Terjemahan paling awal dari Perjanjian Baru dari bahasa Yunani tampaknya adalah Diatessaron, sebuah harmoni dari empat Injil kanonik (mungkin dengan teks kelima yang masih hidup) yang disusun oleh Tatianus sekitar tahun 170 di Roma. Meskipun tidak ada teks Diatessaron yang terlestarikan, bukti utamanya adalah komentar berbahasa Arab yang ditulis oleh Ephrem si Syria. Ada banyak yang disebut teks saksi untuk Diatessaron, tetapi semuanya berbeda, dan pada akhirnya hanya memberikan bukti popularitas jangka panjang dari jenis harmoni ini. Sebagian besar harmoni Eropa abad pertengahan berasal dari Codex Fuldensis.

Tolong Lah Aku Pliss​

Sirika lama dari empat Injil saat ini hanya ada dalam dua manuskrip, yang keduanya mengandung banyak penghilangan.

“Injil Curetonic” terdiri dari empat fragmen Injil. Naskah tersebut digali dari Gurun Nitrian di Mesir pada tahun 1842, dan sekarang berada di British Library. Fragmen itu diteliti dan diedit oleh William Cureton pada tahun 1858. Menurut kronologi teks, itu ditulis pada abad ke-5.

Prasasti kedua yang terkecil ditemukan oleh Agnes Smith Lewis di kediaman St. Biara Catherine pada tahun 1892 di Gunung Sinai, disebut “Syriac Sinaiticus”, dan diberi nomor Syrs. Versi ini diketahui dan dikutip oleh Ephrem the Syria, dan dalam aksara Barat.

Kedua kitab suci hanya berisi Injil. Kisah Para Rasul dan Surat Paulus tidak bertahan. Tulisan-tulisannya hanya diketahui dari kutipan-kutipan dari bapak-bapak gereja Timur. F.C. Conybeare merekonstruksi teks Kisah Para Rasul, sedangkan teks Surat J. Molitor. Mereka menggunakan komentar Ephrem.

Kitab Yang Diturunkan Allah Swt Beserta Rasul Yang Menerimanya

Pada awal Februari 2009, teks ketiga ditemukan di tangan seorang tersangka penyelundup barang antik di Siprus Utara. Sepertinya Alkitab Syria yang dibuat 2000 tahun yang lalu. Teks berisi ayat-ayat Alkitab yang ditulis dengan tinta emas di sampulnya. Di satu halaman ada gambar pohon, di halaman lain ada 8 baris aksara Syria. Digital tidak terbatas. Para sarjana masih memperdebatkan keaslian teks ini.

Kata Peshitta Moses bar Kepha digunakan pada tahun 903 dan berarti “mudah” atau “mudah” (dibandingkan dengan terjemahan Vulgata Latin). Ini adalah versi lengkap bahasa Syria tertua saat ini.

Ini berisi seluruh Perjanjian Lama, sebagian besar (?) dari kitab-kitab apokrif, dan 22 kitab Perjanjian Baru, kecuali surat-surat pendek Emon (2-3 Yohanes, 2 Petrus, Yudas dan Yohanes 7). : 53-8:11). Diciptakan pada awal abad ke-5 Penulis diyakini sebagai Rabbula, uskup Edessa (411-435). Gereja Syria menggunakannya hari ini.

Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa

Lebih dari 350 manuskrip masih ada, beberapa di antaranya berasal dari abad ke-5 dan 6. Terjemahan Alkitab lebih mirip dengan manuskrip Bizantium, tetapi Kisah Para Rasul lebih mirip dengan manuskrip Barat. Sirup Nomor.

Pai Kelas 8 Activity

Teks Pesyita tertua adalah Pentateukh (Taurat) dari tahun 464 Masehi. Ada dua manuskrip Perjanjian Baru dari abad ke-5 (Codex Phillipps 1388).

“Versi Philoxenian” ditulis pada tahun 508 untuk Philoxenus, uskup Mabbug di Suriah timur. Terjemahan ini memuat lima kitab yang tidak ada dalam Pesyita: 2 Petrus, 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas, dan Wahyu Yohanes. Terjemahan ini hanya ada dalam fragmen pendek dan disebut syrph.

“Versi Harcleensis” disebut syrh, bertahan dalam berbagai manuskrip 35 dari abad ke-7 atau lebih. Tulisan-tulisannya menunjukkan kesesuaian dengan gaya penulisan Barat.

Menurut beberapa cendekiawan, versi Philoxenian dan Harclensis hanyalah versi Pesyita, tetapi menurut cendekiawan lain, keduanya adalah interpretasi baru yang independen.

Alkitab Bahasa Suryani

Sekitar 500 tahun kemudian, versi bahasa Syria dari Palestina dikembangkan menjadi bahasa Palestina. Teks ini berisi surat-surat 2 Petrus, 2-3 Yohanes, Yudas dan Wahyu. Itu ada dalam aksara kekaisaran dan merupakan terjemahan unik yang berbeda dari terjemahan dalam bahasa Suriah lainnya. Itu termasuk dalam teks yang digunakan John Gwynn pada tahun 1893 untuk menyelesaikan edisi Letters to the General miliknya.

Pada tahun 1892, Agnes Smith Lewis menemukan manuskrip “Lectionary of Palestine Syriac” di perpustakaan St. Biara Catherine di Gunung Sinai. Teks tersebut diberi kode syrpal Iman kepada kitab-kitab Allah SWT, termasuk dalam kategori ketiga iman. Namun beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, berarti kita yakin dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT menurunkan kitab-kitabnya kepada para rasul sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Kitab-kitab tersebut berisi perintah, larangan, janji dan ancaman Allah SWT. Diambil dari buku Pendidikan Agama Islam dan Tata Krama Pekerja Kelas VIII SMP/MTs karangan Aris Abi Syaifullah, dkk (2021:30), ada 4 kitab yang diturunkan Allah ke dunia, yaitu Taurat, Zabur, Injil, dan Al . – Alquran. Oleh karena itu, artikel ini secara khusus akan membahas sejarah Alkitab yang aslinya ditulis dalam bahasa Syria untuk lebih jelasnya.

Diurutkan dari yang tertua, empat kitab yang harus diyakini adalah Taurat, Zabur, Injil dan Alquran. Faktanya, Alkitab adalah buku tertua ketiga yang diwahyukan Tuhan ke dunia ini. Alkitab diturunkan kepada nabi Yesus pada awal abad ke-1 Masehi. Alkitab diturunkan di Yerusalem.

Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa

Injil asli ditulis dalam bahasa Syria dan kitab ini menjadi pedoman bagi Nabi Isa, yaitu umat Nasrani, sebagaimana firman Allah dalam QS Maryam ayat 30:

Sejarah Kristenisasi Tanah Batak

Alkitab adalah pedoman bagi umat Kristiani untuk menjalankan hukum-hukum Allah SWT. dibawa Nabi Isa a.s. Nabi Isa mengajarkan umatnya untuk menaati hukum-hukum Allah, tidak dibingungkan oleh gemerlapnya harta dan dunia. (CHL) Menurut bahasa, iman berarti yakin atau beriman. Saat ini, menurut kata, iman memiliki arti keyakinan, yang diterima sebagai kebenaran di dalam hati, berbicara dengan mulut, dan bertindak melalui perbuatan.

Beriman kepada kitab Allah SWT berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT memiliki kitab yang diturunkan kepada rasul-rasulnya agar dapat dijadikan pedoman hidup bagi umatnya.

Iman kepada kitab-kitab Allah termasuk rukun iman yang ketiga. Begitu pula beriman kepada kitab Allah adalah fardhu’ain, artinya wajib bagi setiap orang yang beragama Islam.

Kesaksian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, yaitu beriman dan mengamalkan segala sesuatu yang ada di dalam kitab tersebut. Sebagaimana firman Allah SWT:

Kelas 08 Smp Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa 2017 By P’e Thea

“Tidak wajar bagimu untuk memalingkan wajahmu ke timur dan barat.” Namun sesungguhnya kebajikan adalah beriman kepada Allah SWT, hari akhir, para malaikat, kitab-kitab, dan para nabi…” (QS. Al-Baqarah: 177).

Jika kita ingin mengimani kitab Allah SWT, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui nama-nama kitab yang harus kita yakini.

Taurat diturunkan kepada Nabi Musa (as) pada abad ke-12 sebelum kelahiran Yesus di Gunung Sinai. Nama Taurat berarti hukum atau syariah.

Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam Taurat adalah bahasa Ibrani atau sekarang menjadi bahasa resmi di Israel dan digunakan oleh Yudaisme.

Latihan Soal Pai

Mazmur diturunkan kepada Nabi Daud pada abad ke-10 sebelum kelahiran Nabi Isa di Yerusalem, untuk anak-anak Israel atau Yahudi.

Kitab ini disebut juga “Zabura” yang merupakan pedoman bagi umat Nabi Dawud a.s. dan berisi lagu pujian kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya.

Kitab ini merupakan pedoman bagi umat nabi Isa yaitu umat Nasrani dan kitab ini aslinya ditulis dalam bahasa Syria atau Aram.

Bahasa Suryani atau Syriac sendiri merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Aram Timur yang pernah dituturkan di sebagian besar Bulan Sabit dan Arab Timur.

Teologi Perjanjian Baru By Leon Morris

Kitab Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang diturunkan secara bertahap mulai abad ke-7 Masehi, yaitu antara tahun 611-632 Masehi.

Bahasa yang digunakan Alquran adalah bahasa Arab dan gaya bahasa yang digunakan Alquran adalah tashbih, isti’arah, majaz dan kinayah.

Setelah anda mengetahui apa artinya beriman kepada Allah melalui kitab suci, maka anda harus mengetahui hikmah beriman kepada kitab Allah SWT. Berikut kami rangkum untuk Anda, yuk simak.

Kitab Injil Pada Awalnya Ditulis Dengan Bahasa

1. Kuatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT sehingga Dia mengirimkan kitab-kitab kepada utusan-Nya yang memberi perintah.

Apa Maksud Beriman Kepada Allah Melalui Kitab Suci? Penjelasan Dan Hikmahnya

3. Menambah pengetahuan, tentang sejarah kehidupan masyarakat zaman dahulu yang dapat dijadikan sebagai pelajaran berharga bagi umat manusia saat ini.

4. Menciptakan sikap sabar yang baik, karena kitab-kitab Allah menjelaskan tentang menumbuhkan sikap sabar, selalu menghargai dan menghormati orang lain bahkan pemeluk agama lain.

5. Menertibkan atau menertibkan kehidupan manusia karena hukum-hukum yang bersumber dari kitab suci (firman Tuhan).

6. Sebagai pedoman hidup manusia sedemikian rupa sehingga kita selalu dibimbing untuk sampai pada jalan yang benar, yaitu jalan yang dikehendaki Allah.

Soal Pai Pts Ganjil 1920 Bu Dra. Hj. Siti Masotih

7. Rajin-rajinlah menjalankan hukum-hukum Allah, karena di dalam kitabnya terdapat janji-janji Allah tentang pahala setiap amal kebaikan, yaitu jalan menuju surga dan segala manfaatnya.

8. Begitu pula sebaliknya, semakin heboh menghindari larangan Allah, karena ada penjelasan pula ancaman yang datang darinya.

Kitab injil ditulis dengan bahasa, kitab injil dengan bahasa, kitab injil pada dasarnya ditulis dengan bahasa, kitab taurat pada awalnya ditulis dengan bahasa, injil pada awalnya ditulis dengan bahasa, kitab injil pada awalnya ditulis dengan bahasa ibrani, kitab injil pada awalnya ditulis menggunakan bahasa, kitab injil ditulis menggunakan bahasa, kitab injil ditulis dalam bahasa, kitab injil pada awalnya ditulis dalam bahasa, kitab injil awalnya ditulis dengan bahasa, kitab injil pada awalnya ditulis dengan bahasa brainly

close