Konfigurasi Bios Dapat Dihilangkan Dengan Cara

Konfigurasi Bios Dapat Dihilangkan Dengan Cara – RSInews – Basic Output System atau biasa disebut BIOS mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna PC. Firmware yang telah tertanam di motherboard komputer selama 36 tahun akan dihapus dalam dua tahun ke depan, digantikan oleh Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) yang lebih canggih.

Seperti yang sudah dijelaskan, BIOS adalah perangkat lunak pertama yang berjalan saat sistem dihidupkan. Peran BIOS adalah menjalankan POST (power-on self-test) untuk mengidentifikasi dan menginisialisasi komponen sistem komputer (CPU, RAM, GPU, penyimpanan, pengontrol DMA, dll.) lalu menjalankan sistem operasi dari hard drive. drive atau media terpasang lainnya.

Konfigurasi Bios Dapat Dihilangkan Dengan Cara

Konfigurasi Bios Dapat Dihilangkan Dengan Cara

BIOS sendiri pertama kali dibuat oleh Gary Kildall dari Digital Research untuk komputer berbasis prosesor Intel 8080/85 dan sistem operasi CP/M pada tahun 1975. Namun, sejarah BIOS baru dimulai pada tahun 1981 ketika IBM memperkenalkan BIOS ke dalam BIOS. Komputer pribadi IBM PC berdasarkan prosesor Intel 8088.

Cara Install Windows 10 Di Hardisk Baru Lengkap

Belakangan, karena standar BIOS pada PC yang digunakan sejak awal 1980-an memiliki banyak keterbatasan (mode prosesor 16-bit, ruang memori 1MB yang dapat dialamatkan), mulai tahun 2000 industri teknologi mulai beralih ke platform baru: UEFI . UEFI dirancang agar lebih ramping dan umumnya lebih canggih.

Fungsi BIOS yang akan digantikan oleh UEFI mendukung teknologi komputer baru, dan antarmuka grafis serta fitur kursor mouse menjadi lebih mudah digunakan dari BIOS.

Untuk memastikan kelancaran transisi dari BIOS ke UEFI (dengan memastikan kompatibilitas perangkat lunak dan perangkat keras menggunakan OpROM 16-bit), Konferensi EFI Bersatu (yang mencakup hampir semua pengembang/pemasok perangkat keras) mendefinisikan berbagai program kelas UEFI dan memperkenalkan Modul Kompatibilitas Opsional. (CSM) UEFI class 2 (UEFI class 2) untuk membantu mengoptimalkan proses.

Perhatikan bahwa sebagian besar PC saat ini memiliki UEFI kelas 2, dan oleh karena itu Anda dapat membuka tampilan UEFI atau BIOS, yang dapat Anda pilih di pengaturan BIOS.

Entity Relationship Diagram

Intel sebagai salah satu pengembang standar UEFI juga menjaga kompatibilitas dengan BIOS melalui Compatibility Support Module (CSM). Namun, modul CSM akan dihapus dari UEFI pada tahun 2020. Dengan kata lain, BIOS yang telah digunakan selama 36 tahun sejak PC IBM di tahun 80-an akan “mati” dalam waktu sekitar dua tahun.

Akibatnya, komputer UEFI baru yang dilengkapi tanpa modul CSM tidak akan dapat menjalankan OS atau perangkat lunak 32-bit lama karena UEFI tidak didukung.

Ada juga perangkat lama seperti hard disk, kartu jaringan, atau kartu grafis yang tidak dapat digunakan karena tidak kompatibel dengan UEFI dan masih memerlukan dukungan BIOS lama.

Konfigurasi Bios Dapat Dihilangkan Dengan Cara

Sebagian besar software lama ini dirilis sebelum tahun 2013. Software 32-bit akan tetap bisa berjalan melalui emulasi di OS 64-bit, namun software lama yang harus terhubung ke BIOS tidak akan bekerja di komputer dengan UEFI Baru nantinya.

Unbk Tkj Kelas Xii

Mengapa Anda harus menghapus dukungan BIOS? Pasti ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, salah satunya adalah faktor keamanan.

UEFI dikatakan lebih kebal terhadap upaya peretasan dengan Secure Boot yang mencegah peretas merusak konten hard drive sistem operasi. Boot aman hanya dapat berfungsi jika CSM dinonaktifkan.

Selain itu, UEFI juga lebih cepat dan mendukung banyak hardware modern. BIOS, misalnya, tidak bisa boot dari hard drive dengan kapasitas lebih dari 2,1 terabyte, sedangkan UEFI mendukung hard drive dengan kapasitas hingga 9,4 zettabyte (9.400.000.000 terabyte). [©RSI]

Cara dapat duit dengan mudah, cara dapat uang dengan internet, konfigurasi bios, cara dapat uang dengan mudah, cara dapat duit dengan paypal, cara dapat uang dollar gratis dengan cepat, cara dapat duit dengan cepat, cara dapat duit dengan tiktok, cara konfigurasi bios, cara dapat uang dengan cepat, cara dapat kerja dengan cepat, noda tinta dapat dihilangkan dengan

close