Laju Penularan Covid-19 Di Indonesia Rendah, Kasus Konfirmasi Turun Hingga 41,04 Persen

Jakarta – Juru bicara pemerintah Lisa Frauto Asmoru mengatakan Indonesia terus membaik di tengah pandemi COVID-19.

Dibandingkan dengan puncak kasus Omicron tahun lalu, jumlah kasus telah turun tajam lebih dari 80%. Kemarin, 7.241 orang sembuh dari COVID-19.

Ada banyak pasien yang saat ini menerima atau menerima pengobatan.

Lisa mengatakan pada konferensi pers virtual pada Rabu (4 Juni 2022) bahwa “jumlah kasus yang dikonfirmasi minggu lalu turun 41,04% dibandingkan minggu sebelumnya.”

Pekan lalu, jumlah kasus terkonfirmasi aktif turun 29,5% dibandingkan pekan sebelumnya. Demikian juga dengan angka kematian absolut juga mengalami penurunan sebesar 34,27% dibandingkan minggu sebelumnya.

Demikian pula, jumlah rawat inap di ruang isolasi menurun 39,15% dibandingkan minggu sebelumnya.

Ia kembali berkata, “Mari kita berdoa bersama agar semuanya menjadi lebih baik. Dan saya berdoa agar yang sakit cepat sembuh.”

Menurut statistik lainnya, angka positif harian di Indonesia adalah 2,41%. Ini kurang dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5%.

Informasi lainnya, angka positifnya kurang dari 5% di seluruh provinsi di Indonesia.

Ia menjelaskan, “Artinya tingkat penularan COVID-19 di Indonesia rendah” dan “hanya 85.204 pasien yang dirawat di rumah sakit.”

Ressa juga mengatakan bukan karena pemerintah memotong $3 triliun. Jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 152.422 masih cukup.

Laporan Reporter Aisha Nursiamsi