Pakar Gizi IPB Berpendapat Bahwa Nutrisi Makanan Dan Minuman Yang Tepat Penting Untuk Mencegah Stunting.

Laporan Pers , Reza Dini

, YOGYAKARTA – Fakultas Lingkungan Hidup (FEMA) Prof Sri Anna Marliati, Spesialis Gizi Departemen Gizi Daerah Institut Pertanian Bogor (IPB), mengatakan nutrisi yang tepat dalam makanan dan minuman sangat penting dalam mencegah stunting. .

Salah satu pendekatan yang harus dilakukan sekaligus adalah dengan memberikan gizi seimbang bagi ibu dan anak selama 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Padahal, penting juga untuk memberi ibu nutrisi yang cukup sebelum pembuahan.

ujar Anna secara tertulis, Kamis (10/11/2022) saat Danone Indonesia mengunjungi pabrik Sarihosada di Yogyakarta.

Anna menambahkan, peran penting lainnya bagi industri adalah pendidikan berkelanjutan kepada masyarakat.

Upaya ini merupakan langkah penting untuk membantu lebih banyak orang memahami manfaat nutrisi yang tepat bagi ibu hamil dan anak di bawah usia 5 tahun.

Diet seimbang, pengasuhan yang baik dan kebersihan yang sehat lebih disukai untuk pendidikan yang diberikan.

“Oleh karena itu, kami di FEMA IPB menyambut baik segala upaya kerjasama dengan Danone Indonesia melalui program keberlanjutan seperti program Isi Piringku.

Sementara itu, Ray Wagyu Pasrui, Direktur Medical and Scientific Affairs Danone Specialized Nutrition Indonesia, mengatakan Danone Indonesia telah hadir lebih dari 68 tahun untuk memberikan nutrisi kepada masyarakat Indonesia.

Bersama Nutricia dan Sarihusada, perusahaan terus mengembangkan inovasi untuk menghasilkan produk nutrisi yang menunjang kualitas kesehatan masyarakat, khususnya kebutuhan nutrisi ibu hamil dan anak.

Terkait gizi, Ray mengatakan anemia atau kekurangan zat besi merupakan salah satu masalah yang dialami oleh sekitar 48,9% ibu hamil di Indonesia, termasuk 1 dari 3 anak di bawah usia 5 tahun.

Kondisi ini dapat memperlambat pertumbuhan dan lambat laun menyebabkan dwarfisme pada anak stunting.

“Untuk itu, kami mengembangkan produk-produk inovatif yang aman, berkualitas dan untuk dikonsumsi masyarakat. Mengandung bahan-bahan bermanfaat yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan anak di Indonesia. Salah satu inovasi nutrisi kami Contohnya adalah IronC. A perpaduan zat besi dan vitamin. C membantu memberikan nutrisi dan zat besi pada anak,” kata Ray.

Inovasi pangan ini bertujuan untuk melacak tumbuh kembang anak, khususnya yang mengalami gizi kurang atau kurang (PKMK).

Retasan ini juga merupakan wujud nyata Danone Indonesia membantu pemerintah mencegah stunting pada anak-anak Indonesia.

Inovasi ini merupakan hasil pengembangan research and innovation (R&I) center di pabrik Sarifusada Yogyakarta.

Pusat penelitian ini dilengkapi dengan empat fasilitas mutakhir: pilot plant, laboratorium pengemasan produk dan bahan baku, laboratorium sensorik, dan laboratorium pengemasan.