Pasangan Perlu Memikirkan Hal-hal Ini Jika Ingin Menunda Kehamilan

Wartawan , Rina Ayo

, Jakarta – Mengejar kehamilan ganda adalah impian pasangan.

Namun, di sisi lain, pengantin baru muda seringkali menunda melahirkan.

Perekonomian yang labil hingga enggan menjadi orang tua kerap dijadikan alasan untuk menunda kehamilan.

Tidak ada salahnya memilih pasangan muda untuk menunda punya anak.

Tetapi bahkan jika suami dan istri memutuskan untuk memiliki anak tidak terburu-buru, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Hal ini karena menunda kehamilan hingga menyebabkan kondisi tersebut dapat memiliki efek ganda.

Dokter kandungan-ginekolog Morula IVF Jakarta, dr. Indra Anwar dari Sp.OG mengatakan menunda kehamilan dapat memiliki banyak efek, termasuk penurunan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Salah satu penyebab pastinya adalah bertambahnya usia. Dalam hal ini, jumlah sel telur di ovarium dapat menurun dan kualitas sperma mungkin tidak lengkap.

Sabtu lalu (6 April 2022) saat demonstrasi, Dr. “Penurunan tingkat kesuburan akan lebih cepat terjadi pada wanita, terutama pada mereka yang berusia 35 tahun,” jelas Indra.

Selain masalah infertilitas, Morula IVF Ciputat dr. Evander R. Utama, F. Mas. Sp.OG, MA mengatakan alasan orang yang menunda kehamilan khawatir terkait dengan pola makan dan gaya hidup. Tentu saja Anda harus sehat.

“Pasti ada risiko bagi wanita yang akhirnya hamil setelah lama tertunda,” tambah Dr. Evander R..

Dari sudut pandang medis, ketika pasangan memutuskan untuk hamil dan memiliki bayi di atas usia 40, mereka biasanya menghadapi kesulitan mereka sendiri. Hal ini dikarenakan persalinan pada usia ini membutuhkan usaha yang lebih, terutama dalam hal persalinan pervaginam.

Perlu juga mewaspadai masalah masing-masing pasangan, dan kemungkinan bertambahnya usia ibu juga berpengaruh pada kondisi dan organ tubuh.

Rahim wanita, serta usia, semakin menua dan kondisi yang tidak lagi esensial berpotensi menyebabkan komplikasi kesehatan atau masalah infertilitas lainnya.” SpOG Renee Junita dari Morula IVF Margonda, presenter panel.

Terlepas dari risikonya, menunda kehamilan juga merupakan langkah yang baik untuk masa depan calon bayi.

Persiapan orang tua dari segi gaya hidup, pola pikir dan keuangan dapat menjadi landasan yang kokoh bagi tumbuh kembang anaknya. Jika Anda ingin memiliki bayi setelah jangka waktu tertentu, sebaiknya diskusikan program kehamilan terbaik dengan dokter Anda agar tidak mengambil langkah yang salah.