PB Persani Targetkan Dua Medali Emas Di SEA Games Vietnam 2022

Laporan oleh Koresponden Abdul Majid

Jakarta – Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) memberangkatkan 4 atlet ke SEA Games Vietnam pada 12-23 April 2022.

Dari empat pesenam, pelatih Diane Ariffin mengatakan dua medali emas bisa diberikan.

Keempat pemain tersebut adalah Rafdah Irfanalothvi, Amira Rahmajani, Doi Samsul Arifin dan Abiu Rafi.

Hal itu tercermin dari performa Filipina Southeast Asian Games 2019, di mana ia meraih dua medali emas untuk Rifda di nomor lompat putri dan medali Agus Adi Prayoko nomor yang sama di divisi putra.

“Agus berhenti. Saya tidak bisa berhenti karena usia saya. Jadi gol emas datang dari Samsul (nomor ring) dan Rafdah berharap untuk mempertahankan hasil sebelumnya.”

Seperti diketahui, PB Persani sebelumnya telah mengirimkan 19 pemain. Selain 7 pemain di bagian aerobik, akan ada 12 pemain di bagian teknis (6 pria dan 6 wanita).

Namun karena keterbatasan anggaran dan ekspektasi pemerintah, para atlet yang diberangkatkan harus mendapat medali emas, sehingga jumlahnya dikurangi menjadi empat.

“Sebenarnya kami juga meraih medali perunggu di SEA Games 2017, jadi kami ingin ikut timnas putri, tapi tidak jadi,” jelasnya.

Juga dari segi persiapan, PB Persani lebih fokus pada pelatihan di Jakarta ketimbang eksperimentasi.

Empat pesenam saat ini berlatih di dua center di Jakarta dan Jawa Timur.

Latihan di ibu kota terdiri dari 2 atlet putri dan 2 atlet putra se-Jawa Timur.

“Dari segi latihan, pertama kami tidak memiliki fasilitas sendiri untuk timnas elit, kedua kami masih menunggu program dan kami dipecah menjadi dua lokasi karena departemen olahraga pemuda saat ini sedang membangun gedung SKO. Cibubur. Jadi pemain dengan pelatihan nasional bisa berlatih di sana. Tapi dalam dua minggu atau H-10, kami meminta semua orang berkumpul di Jakarta,” jelas Dian.