Berita  

Pemerintah Membatasi Jumlah Tamu Pada Kegiatan Al-Bilal Halal Selama Idul Fitri 2022

Pemprov DKI Jakarta membatasi jumlah tamu yang hadir dalam acara “Halal Bihilal” selama Idul Fitri 1443 Hijriah. Kebijakan ini untuk mencegah peningkatan jumlah kasus COVID-19.

Ini Hari Raya Idul Fitri 1443 H / Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. Surat Edaran (SE) 003/2219/SJ. Kontrak khusus ini ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri. Hal ini ditujukan untuk Tito Karnavian dan kepala daerah di seluruh dunia Indonesia.

“Kegiatan non halal harus dikoordinasikan di tingkat kabupaten/kota sebagaimana diatur dalam arahan Menteri Dalam Negeri tentang pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat Covid-19 Level 3, Level 2, dan Level 1 di Bali, Jawa. Kementerian Dalam Negeri mengumumkan bahwa mulai tahap ke-3, tindakan pembatasan kegiatan masyarakat akan ‘diperkuat ke tahap 2 dan tahap 1, serta pengendalian penyebaran COVID-19 dengan meningkatkan posko penanganan COVID-19 di tingkat desa dan tingkat kecamatan’. Dilaksanakan di Sumatera,” kata Liputan6.com versi SE, Sabtu, 23 April 2022. , Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.”

Berdasarkan SE ini, jumlah tamu yang dapat menghadiri acara Halal Bi-Halal di area PPKM Tahap 3 adalah 50% dari kapasitas ruang acara. Kemudian untuk zona PPKM level 2, jumlah tamu 75% dari total kapasitas.

“dan (PPKM) 100% untuk daerah kategori Level 1” tertuang dalam Prosiding Mendagri.

Sejak itu pemerintah melarang menyajikan makanan dan minuman di tempat kerja atau di prasmanan. Hal ini berlaku untuk kegiatan halal non halal dengan jumlah tamu lebih dari 100 orang.

Tito menjelaskan dalam surat edaran tersebut: “Untuk kegiatan Al-Bhilal Halal lebih dari 100 orang, makanan/minuman akan disediakan dalam paket dibawa pulang dan makanan/minuman tidak diperbolehkan di dalam gedung (prasmanan).”

“Karena peserta rentan terhadap infeksi COVID-19, acara makan ramai yang mengharuskan peserta melepas masker harus dihindari,” katanya.

Savezal, Kepala Departemen Regional Kementerian Dalam Negeri, mengatakan kebijakan itu sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan penularan massal virus corona. Anda juga harus melepas masker setelah aktivitas makan/minum.

“Jadi berbanding lurus dengan besarnya potensi risiko penularan,” kata Saverizal mengutip surat kabar itu dalam siaran persnya, Sabtu.

Ia mengatakan, SE menghimbau kepada pemerintah daerah untuk lebih menegakkan aturan di daerahnya dengan tetap memperketat disiplin protokol kesehatan. Mulailah dengan memakai masker, gunakan cuci tangan/sanitizer secara teratur, dan jaga jarak.

Safrizal mengatakan: “Jangan lupa bekerja sama dengan unsur Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat untuk memastikan penerapan yang optimal di bidang ini.”

Tahun ini, Presiden Joko Widodo mengizinkan aktivitas halal di Bhilal usai Idul Fitri. Dia hanya memohon kepada Jokowi untuk tidak makan bersamanya selama eksekusi.

Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartarto usai rapat mingguan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (18/4) mengatakan, “Kegiatan halal di Bhilal adalah melakukan tindakan sanitasi dan tidak dianjurkan untuk makan atau minum.” .

Kegiatan Airlanga serta makan dan minum selama acara Halal Bi-Halal harus sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Untuk mencegah penyebaran virus corona, harus dilaksanakan dengan menjaga jarak dan tempat.

Apa yang Anda makan dan minum harus bergantung pada jalan dan tempatnya.”

Jokowi juga mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan kesehatan untuk beraktivitas di tempat hiburan selama masa libur Idul Fitri. Tempat rekreasi atau wisata harus menyesuaikan daya tampung pengunjungnya sesuai dengan peraturan pemerintah.

Ia menyimpulkan bahwa “kegiatan di tempat hiburan dan berkumpul sesuai dengan aturan dan kemampuan kesehatan.”

Pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak bepergian ke luar negeri selama libur panjang Idul Fitri 2022. Mengingat jumlah kasus Covid-19 semakin meningkat setiap harinya di beberapa negara.

ال الوزير المنسق للاقتصاد لانجا ارتارتو مؤتمر صحفي ل تقييم PPKM في اكرتا, يوم الاثنين (18/4): “مع العطلة الطويلة (Idul Fitri 2022), ينصح الناس بعدم السفر لى الخ.

الوزيرة المنسقة Airlangga الاً اي الصين احدة الالوجهات الوجهات الي. لذلك المدن لد Tirai Bambu لقة.

ال “لذلك الطبع ا تحذير لنا ا جائحة -19 لم “.

لذلك لب الجمهور التعاون ات الحكومة السفر لى الخان لال اطلة ا ا ل Covid-19 لى البلاد لال اء لوكلاء السفر الأجانب (PPLN).

اختتم القول: “بالطبع لا لب الزيادة الفيروس الذي لبه PPLN لاحقًا لى ال.