Penggunaan Iptek Hendaknya Diarahkan Pada Cita-cita Negara Indonesia Khususnya

Penggunaan Iptek Hendaknya Diarahkan Pada Cita-cita Negara Indonesia Khususnya – Kemajuan zaman saat ini membuat kita cukup akrab dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari. Manfaat iptek harus ditujukan kepada cita-cita negara Indonesia, khususnya dalam pendidikan kehidupan masyarakat dan memajukan kesejahteraan umum. Untuk lebih dalam, mari kita lihat gambaran lengkap pemanfaatan iptek sesuai cita-cita negara Indonesia.

Science and Technology, singkatan dari Science and Technology, digunakan untuk membahas kemajuan teknologi. Di Indonesia, ilmu pengetahuan dan teknologi digunakan untuk tujuan tertentu. Penjelasan tujuan pemanfaatan iptek disampaikan dalam buku Spiritualisme Pancasila karya Fokky Fuad Wasitaatmadja (2018: 170).

Penggunaan Iptek Hendaknya Diarahkan Pada Cita-cita Negara Indonesia Khususnya

Penggunaan Iptek Hendaknya Diarahkan Pada Cita-cita Negara Indonesia Khususnya

Buku tersebut menyatakan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada hakekatnya adalah produk kreativitas mental manusia. Tujuan utama iptek adalah kesejahteraan umat manusia, sehingga iptek pada hakekatnya bukanlah nilai, melainkan terkait dengan nilai. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai hasil kebudayaan manusia harus berlandaskan pada moral ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pewara Dinamika Mei 2019 By Universitas Negeri Yogyakarta

Tidak hanya itu, pemanfaatan iptek di Indonesia juga dimanfaatkan untuk mencapai cita-cita Indonesia. Cita-cita negara Indonesia dijelaskan dalam buku Ensiklopedia PKN 2: Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa karya R. Toto Sugiarto (2017: 42), yang menjelaskan bahwa pembukaan UUD 1945 memiliki beberapa tujuan dan cita-cita. masyarakat Indonesia, antara lain:

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan iptek harus diarahkan pada cita-cita negara Indonesia, khususnya memahami kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kita harus menggunakan teknologi yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia. Misalnya, memanfaatkan iptek sesuai cita-cita negara Indonesia adalah memanfaatkan teknologi untuk meneliti dan menyelidiki ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, kami bermaksud ikut memajukan kesejahteraan dan kecerdasan bangsa Indonesia. (DAP)

Cita cita dan tujuan negara indonesia, cita cita negara indonesia

close