Penyebab Penurunan Produksi Serat Tekstil Dari Tahun Ke Tahun Adalah

Penyebab Penurunan Produksi Serat Tekstil Dari Tahun Ke Tahun Adalah – Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) tidak akan banyak terpengaruh oleh kebijakan Bank Sentral Indonesia (BI) seiring dengan rencana pengurangan produksi di sektor ini akibat tingginya impor di pasar dalam negeri.

Bisnis, JAKARTA – Kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI) tidak akan banyak berdampak pada industri tekstil dan produk tekstil (TPT) seiring dengan rencana pengurangan produksi di sektor ini. Hal ini disebabkan banyaknya impor.

Penyebab Penurunan Produksi Serat Tekstil Dari Tahun Ke Tahun Adalah

Penyebab Penurunan Produksi Serat Tekstil Dari Tahun Ke Tahun Adalah

Ketua Asosiasi Benang dan Benang Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta mengatakan, dalam sebulan terakhir saja, menurut penjelasannya, pasar produk impor tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan produk dalam negeri. 40 persen sampai 60 persen. .

Rekayasa Tekstil Uii Archives

Pelaku industri TPT di Tanah Air tidak banyak menghasilkan produk tambahan karena masih banyak barang lama yang belum terjual.

“Sesuai dokumen APSyFI, ada penurunan produksi industri TPT dalam negeri sebesar 7-10 persen dalam satu bulan,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (28/8/2022).

Karena itu, kenaikan suku bunga acuan yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebesar 25 basis poin menjadi 3,75 persen dinilai tidak akan mempengaruhi lini produksi industri yang saat ini sedang diturunkan.

Penurunan volume produksi industri TPT dalam negeri kemungkinan masih akan berlangsung hingga akhir tahun, dengan izin impor produk dari luar negeri akan berakhir pada Desember 2022.

Produk Tekstil Impor Diprediksi Terus Banjiri Ri Hingga Akhir Tahun

Pada kesempatan lain, Ketua Bidang Manufaktur Apindo Johnny Darmawan mengatakan, dampak kenaikan suku bunga berbeda untuk masing-masing sektor manufaktur.

Namun, di beberapa industri, pertumbuhan yang meningkat akan tercermin pada biaya produksi, yang kemungkinan besar akan diikuti oleh kenaikan harga produk akhir.

Kenaikan harga produk industri akibat pengaruh kenaikan suku bunga dapat menurunkan permintaan di pasar, yang diharapkan dapat mengurangi jumlah produk yang dihasilkan oleh pihak industri.

Penyebab Penurunan Produksi Serat Tekstil Dari Tahun Ke Tahun Adalah

Keputusan BI menaikkan suku bunga diharapkan akan diikuti dengan langkah-langkah yang efektif untuk mengimbangi kenaikan suku bunga.

Bisnis Indonesia Industri Tekstil Tak Akan Terpengaruh Kenaikan Suku Bunga

Selain itu, Direktur Pusat Penelitian Ekonomi dan Hukum (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan kenaikan suku bunga dapat menghambat ekspansi industri manufaktur.

Oleh karena itu, ini akan menambah 100 hingga 200 poin utama yang menarik dan akan bertahan lama.

“Industri manufaktur sedang depresi. Harga bahan baku naik, dan itu membantu menaikkan suku bunga. Ini akan menaikkan cost of money,” ujarnya dalam Bisnis, Kamis (25/8/2022).

Kerajinan serat dan tekstil, produksi tekstil, serat dan tekstil, katun adalah bahan tekstil yg diperoleh dari serat, bahan serat tekstil, serat tekstil adalah, kerajinan serat tekstil, salah satu contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam adalah, proses produksi tekstil, kerajinan dari serat dan tekstil, kerajinan dari serat tekstil, serat tekstil

close