Persahabatan Dunia Melalui Matematika Komodo Math Festival Menjadi Ajang Untuk Membina

JAKARTA – Direktur Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Asep Sukmayadi mendukung Festival Matematika Komodo 2022.

Menurut Asep, acara ini dapat membangun persahabatan dunia melalui matematika.

Asep mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022) bahwa “Acara ini bisa menjadi pengalaman berharga yang akan membuat Anda semakin mencintai matematika dan membangun persahabatan dunia melalui matematika.”

Peserta Komodo Math Festival 2022 diikuti oleh 1.500 siswa dari 50 negara.

Sementara itu, Tian Abdul Aziz, presiden Komodo Math Festival 2022, mengatakan acara tersebut merupakan rebranding dari International Educational Mathematical Competition (I-EMC).

Meski demikian, Tian mengatakan Komodo Math Festival merupakan kompetisi matematika online internasional dengan cakupan kegiatan yang lebih luas dibandingkan kompetisi matematika sebelumnya.

Tian mengatakan, “Kompetisi ini merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali kekuatan negara dan selalu berkembang melalui kompetisi yang sehat.”

Ade Kiki Ruswandi, Project Manager Komodo Math Festival 2022 mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan siswa dari empat kategori usia.

Pertama, salamander berusia hingga 10 tahun, dan kemudian bunglon berusia 12 tahun.

Ketiga, iguana berusia 15 tahun, dan naga keempat berusia 18 tahun.

Selain itu, mengikuti Festival Matematika Komodo 2022, guru juga bisa membuat video edukasi yang seru.

Ade Kiki Ruswandi mengatakan “Nama-nama pemenang Komodo Math Festival 2022 bisa dilihat di laman komodomathfestival”.

Ade mengatakan lebih dari 1.500 siswa dari 50 negara mengikuti kompetisi Komodo Math Festival 2022, antara lain AS, Inggris, Australia, Kanada, Jerman, Prancis, Korea, Kazakstan, Thailand, Vietnam, Nigeria, Mozambik, Camboja, dan Afrika Selatan.

Laporan Reporter, Fahdi Fahlevi.