Pertempuran Korea-Jepang Di GIIAS 2022: Hyundai Motor Company \\\’Buka Toko\\\’ Di Toyota

Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

, JAKARTA – Stand Toyota dan Honda selalu berhadapan atau berhadapan, karena pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gaikindo ini masih bertajuk Indonesian International Motor Show (IIMS).

Kedua merek pembuat mobil Jepang ini biasanya saling membuka stan di area yang hampir sama, dan mereka mendesain stan mereka semegah mungkin agar tidak ketinggalan satu sama lain.

Sementara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) diadakan beberapa kali, fenomena yang sama dapat dilihat di semua pameran mobil yang diadakan oleh Gaikindo.

Namun, tidak demikian dengan penyelenggaraan GIIAS 2022 yang akan digelar di ICE BSD Tangerang pada 11-21 Agustus 2022.

Hyundai Motor ‘menghilangkan’ posisi Honda kali ini. Brand asal Korea tersebut membuka booth tepat di seberang booth Toyota di GIIAS 2022 yang berlokasi di Hall 1.

Pada GIIAS 2022, booth Honda dipindah ke Hall berikutnya yaitu Hall 2 yang bukan lagi Hall 1.

Baik booth Toyota maupun Hyundai memiliki ukuran yang sama. Meski begitu, booth Toyota akan sedikit lebih besar jika dilihat dari denah lokasi.

Toyota, sebagai produsen mobil terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar terbesar, akan menghadirkan lineup yang beragam dan unggul.

Avanza, Veloz, Raize, Rush, Kijang Innova dan Fortuner hingga Supra diharapkan mengisi lineup di GIIAS 2022.

Eksekutif Toyota yang baru-baru ini menjadi topik hangat mengatakan bahwa mereka akan memamerkan hal yang sama sekali baru di GIIAS, yang baru-baru ini diumumkan untuk Inova Hybrid produksi dalam negeri.

Hyundai sudah membuka lineup terbarunya, Stargazer dan Palisade, sebelum GIIAS.

Kedua kendaraan ini telah dikonfirmasi akan ditebar di GIIAS, diikuti oleh Hyundai Ioniq 5, Kona Electric, Santa Fe dan Crete.

Namun, tentu saja kejutan berbeda akan ditampilkan dari masing-masing kompetitor tersebut. Hal ini semakin memanas dalam upaya kedua produsen untuk menarik perhatian konsumen ke GIIAS.

Yang pasti, GIIAS 2022 akan menjadi panggung Star Wars, terutama di kendaraan listrik.

Kita tahu bahwa Hyundai adalah merek yang paling cepat menangkap angin dari kebijakan yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia. Dengan kata lain, mempromosikan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan memasarkan kendaraan listrik sepenuhnya EV, Hyundai Ioniq dan Ioniq 5 dan mendapatkan penerimaan pasar.

Sementara beberapa pesaingnya, banyak pabrikan Jepang, terobsesi dengan kendaraan hybrid. Diharapkan Toyota dan Hyundai akan menghadirkan kejutan baru pada pameran GIIAS 2022 kali ini.