Sebuah Atom Dapat Bermuatan Netral Disebabkan Karena

Sebuah Atom Dapat Bermuatan Netral Disebabkan Karena – Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang tidak tahu dari mana listrik berasal? Mengapa listrik dapat mengendalikan cahaya? Mengapa listrik dapat menyalakan TV? Mengapa listrik menggerakkan bilah kipas?

Banyak orang menganggap listrik sebagai gaya atau listrik sebagai arus, bahkan ada yang menganggap listrik sebagai tegangan. Kali ini kita akan belajar bagaimana listrik dihasilkan.

Sebuah Atom Dapat Bermuatan Netral Disebabkan Karena

Sebuah Atom Dapat Bermuatan Netral Disebabkan Karena

Sebelum kita membahas kelistrikan, mari kita mengenal beberapa istilah dasar kelistrikan yang menjadi dasar pembahasan atom.

Ficha De Perkembangan Teori Atom

Bagian terkecil dari suatu benda atau zat yang tidak dapat dibagi lagi disebut partikel. Ada 3 jenis partikel:

Proton dan neutron terikat sangat kuat sehingga membentuk nukleus, biasa disebut nukleus. Ketika elektron adalah bagian dari atom yang berada di orbit (orbital) atom. Dalam sebuah atom, jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Namun pada kenyataannya, ketika elektron menerima gaya eksternal melalui proses gesekan, tumbukan dan pemanasan atau beberapa proses reaksi, sangat mudah untuk meninggalkan orbit (orbit) atom.

Pernah dengar istilah elektron valensi? Sebuah atom dapat memiliki 1 atau lebih jalur (orbital) di mana elektron ditempatkan. Elektron di orbital terluar atom disebut elektron valensi.

Suatu zat yang atomnya memiliki jumlah proton (muatan positif) yang sama dengan elektron (muatan negatif) dapat mempersulit elektron untuk menyingkir, dan dengan demikian atom dikatakan netral atau tidak bermuatan listrik. .

Artikel Penyusun Atom

Zat yang mengandung atom dengan elektron lebih banyak daripada proton biasanya disebut anion. Atom dengan elektron lebih banyak dari seharusnya biasanya disebabkan oleh elektron liar ekstra dari luar atom yang jatuh ke orbit atom. Dalam hal ini, atom dikatakan memiliki muatan listrik negatif (-).

Zat yang mengandung atom dengan lebih banyak proton daripada elektron biasanya disebut kation. Ini karena elektron terlempar keluar jalur oleh tumbukan, gesekan, pemanasan atau semacam reaksi. Dalam hal ini, atom dinyatakan positif (+).

Apakah elektron mudah dilepaskan dari jalur atom tergantung pada bahan/substansi dalam kelas isolator atau bahan semikonduktor dan/atau konduktor.

Sebuah Atom Dapat Bermuatan Netral Disebabkan Karena

Bahan dengan atom yang memiliki lebih banyak elektron daripada proton akan memiliki konduktivitas yang lebih tinggi karena jumlah elektron yang dapat terlempar keluar dari jalur atom lebih besar. Sedangkan bahan yang jumlah elektronnya lebih banyak mendekati jumlah proton akan lebih bersifat isolator karena setiap proton akan berikatan dengan masing-masing elektron (+ingat muatan harus berikatan dengan muatan -). Pengertian ini sebenarnya mirip dengan pengertian konduktor sebagai benda/zat yang mudah menghantarkan listrik atau panas, dan isolator sebagai benda yang sulit menghantarkan listrik dan panas.

Atom Berelektron Banyak

Ada beberapa alasan mengapa elektron dikeluarkan dari lintasan (orbit) atom. Benda yang mengalami tumbukan, gesekan, atau panas dan mengalami reaksi tertentu akan mengeluarkan elektron dari jalur atom. Jika kita menabrak meja, memukul besi, menggosok plastik, memanaskan air, barulah elektron dapat menyingkir dari atom.

Ketika sebuah elektron dikeluarkan dari orbit atom, elektron tersebut memiliki potensi untuk pindah ke orbit atom lain di sekitarnya. Transfer elektron dari satu atom ke atom lain menyebabkan perubahan energi suatu zat. Banyaknya elektron yang dilepaskan dan dipindahkan ke jalur atom lain akan mempengaruhi besarnya perubahan energi.

Misalnya, ketika Anda menggosokkan kedua tangan, yang sebenarnya terjadi adalah sebagian elektron dalam atom berada di kulit tangan, terlepas dari jalur (orbit) atom. Sebuah elektron melompat dari jalur satu atom dan mendarat di jalur atom lain.

Dan ketika kita menggosokkan kedua tangan kita dengan kuat, banyak elektron dalam atom saling memantul, menyebabkan perubahan energi. Jadi saat kita menggosok tangan, kita merasakan kehangatan di telapak tangan.

Buku Ajar Dan Lks Teori Atom Dan Spu

Perubahan energi ini tidak mengurangi/memusnahkan jumlah elektron. Tetapi elektron hanya dapat berpindah dari satu orbital atom ke orbital atom lainnya.

Proses pelepasan elektron dari suatu orbital atom dan proses salah penempatan elektron pada suatu orbital atom merupakan awal mula terbentuknya arus listrik (arus yang mengalir atau menggerakkan elektron).

Seperti disebutkan di atas, ketika ada pergerakan elektron, listrik dihasilkan. Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba melakukan percobaan sederhana tentang cara memindahkan elektron.

Sebuah Atom Dapat Bermuatan Netral Disebabkan Karena

Pada percobaan pertama ini, kita akan mencoba memindahkan elektron pada penggaris plastik ke rambut agar dapat digunakan untuk mengambil potongan kertas kecil. Untuk menggerakkan elektron di sepanjang penggaris, gosokkan penggaris ke rambut Anda.

Apa Itu Atom? Sejarah Dan Komponen Komponennya

Setelah menggosok rambut dengan penggaris plastik dalam waktu singkat, rambut akan memiliki kelebihan elektron dan penggaris akan menjadi lebih positif saat elektron meninggalkannya. Oleh karena itu, ketika penggaris didekatkan ke selembar kertas, muatan positif pada penggaris akan menarik muatan negatif pada kertas, menyebabkan kertas naik lebih dekat ke penggaris. Prosesnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Pada percobaan kedua ini kita akan mencoba menggerakkan elektron-elektron dalam satu garis yang akan bergerak ke arah rambut yang akan digunakan untuk membengkokkan pegas. Untuk menggerakkan elektron di sepanjang penggaris, gosokkan penggaris ke rambut Anda.

Setelah menggosok rambut dengan penggaris plastik dalam waktu singkat, rambut akan memiliki kelebihan elektron dan penggaris akan menjadi lebih positif saat elektron meninggalkannya. Oleh karena itu, ketika penggaris didekatkan ke aliran air keran, muatan positif pada penggaris akan menarik arus negatif di dalam air, menyebabkan air membelok ke arah penggaris. Prosesnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Pada percobaan ketiga ini, kita akan mencoba untuk memindahkan elektron pada balon yang akan berpindah ke rambut dan menempel pada media lain ketika mendekat. Untuk menggerakkan elektron di sepanjang penggaris, gosokkan penggaris ke rambut Anda. Hasil video dapat ditemukan di bawah ini

Asal Usul Listrik

Segera setelah penggaris digosokkan ke rambut, rambut akan memiliki kelebihan elektron dan balon akan menjadi lebih positif karena elektron meninggalkannya. Saat balon mendekati map plastik, muatan positif pada balon akan menarik muatan negatif pada map plastik.

Ketika 2 jenis bahan bersentuhan atau bahkan bergesekan, elektron dari satu bahan dipindahkan ke bahan lainnya. Pergerakan elektron ini menimbulkan muatan listrik yang disebut muatan.

Listrik statis adalah arus listrik yang ditimbulkan oleh benda/zat non penghantar yang bersentuhan, bergesekan, berbenturan, atau mengalami reaksi tertentu. Contoh listrik statis adalah listrik yang dihasilkan dari ketiga percobaan di atas.

Sebuah Atom Dapat Bermuatan Netral Disebabkan Karena

Ternyata listrik statis banyak digunakan di berbagai bidang teknologi. Tahukah Anda bahwa Anda ahli dalam laser, mesin fotokopi, pengecatan panel mobil, alat pacu jantung, bungkus plastik, dan penyedot debu? Semuanya menggunakan listrik statis.

Listrik Statis Pdf

Pada teknologi printer laser dan mesin fotokopi, penggunaan listrik statis berperan sangat besar dalam menyalin atau mencetak jejak, pada mesin fotokopi, cahaya yang menyinari kertas fotokopi meninggalkan jejak bayangan. Drum sesuai skema yang dicetak di atas kertas. Tanda bayangan pada kertas fotokopi adalah jejak listrik statis. Oleh karena itu, ketika drum melewati bubuk tinta, bubuk tinta tertarik untuk menempel pada drum karena perbedaan muatan antara drum dan bubuk. Drum kemudian dipanaskan dan digulung ke permukaan kertas fotokopi.

Kelebihan DC juga digunakan pada teknologi pengecatan panel/body otomotif. Jika kita melakukan pengecatan dengan tangan, maka tebal dan tipis cat tidak akan merata. Saat mengecat menggunakan listrik statis, bisa dipastikan cat akan menyebar merata ke seluruh panel/bodi mobil. “Yah … mengapa ini terjadi?”. Sebelum mengecat panel/bodi kendaraan, panel/bodi diberi muatan negatif. Untuk panel/penutup yang terbuat dari logam, panel/penutup harus diampelas sebelum pengecatan. Saat mengecat, cat harus lebih positif daripada panel/bodi yang akan dicat. Ada banyak alat cat semprot yang tersedia saat ini yang dapat secara positif mengisi cat yang keluar dari mulut penyemprot. Alat ini biasa disebut pistol elektrostatis. Karena cat yang disemprotkan memiliki muatan positif, cat akan tertarik ke permukaan panel/casing yang bermuatan negatif. Saat butiran cat menempel pada permukaan panel/bodi, permukaan panel/bodi menjadi netral. Jika permukaan panel/housing bermuatan netral, maka butiran cat yang mendekat akan dihalau, sehingga butiran cat tidak menempel pada permukaan panel/housing.

Anda dapat menggunakan listrik statis untuk membersihkan debu dengan tisu. Contoh video di bawah ini menunjukkan cara membersihkan debu dengan kain rafia. Pertama, saat kita menggosok kulit kita, muatan negatif antera dipindahkan ke kulit kita. Karena antera bermuatan positif (kehilangan elektron), jika Anda membawa benda kecil ke sana, ia akan menarik benda yang lebih kecil. Tonton videonya di bawah ini:

Bahan yang dapat menghasilkan listrik statis disebut triboelectrics. Bahan triboelektrik memiliki kemampuan memancarkan elektron atau muatan negatif (-). Di bawah ini adalah tingkat kemampuan suatu zat untuk melepaskan elektron.

Perhatikan Pernyataan Pernyataan Berikut! At

Seperti disebutkan di atas, elektron dapat dikeluarkan dari atom, dan atom dapat memperoleh elektron tambahan dari luar. Proses perpindahan elektron ini dapat terjadi karena atom mengalami tumbukan atau gesekan, atau panas, atau reaksi tertentu. Ketika sebuah atom memperoleh atau kehilangan elektron, terjadi ketidakseimbangan muatan atom.

Perbedaan jumlah elektron dan proton dalam suatu atom atau perbedaan jumlah elektron dalam satu atom dengan atom lainnya disebabkan oleh ketidakseimbangan atom, beda potensial, atau munculnya tegangan. Dunia Sekarang, pertanyaannya adalah, bagaimana Anda membedakan unsur-unsur ini? jawab “nomor atom.” setiap elemen memiliki nomor atom yang unik, yang membantu membedakannya

Penyakit stroke dapat disebabkan karena, penyakit diare dapat disebabkan karena, ambeien disebabkan karena, atom bermuatan, kanker disebabkan karena apa, skoliosis disebabkan karena, kanker payudara disebabkan karena, atom netral, sebuah pesawat terbang dapat mengangkasa karena, gondok disebabkan karena kekurangan, sebuah atom dapat bermuatan listrik negatif karena, penyakit gondok dapat disebabkan karena tubuh kekurangan

close