Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Dibuka, Ini Persyaratannya 

Panitia Pusat Penerimaan Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta – Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) telah memulai pendaftaran SMMPTN-Barat untuk tahun 2022.

Aras Mouladi, Ketua Panitia SMMPTN-Barat 2022, mengatakan pendaftaran dimulai pada Jumat, 4 Januari 2022.

Pelaksanaan UTBK SMMPTN-Barat 2022 akan berlangsung pada 14-30 Juli 2022.

Aras mengatakan dalam keterangan tertulisnya pada Minggu, 4 Maret 2022 bahwa pengumuman kelulusan akan dilakukan pada pukul 16:00 WIB pada tanggal 18 Juli 2022.

Pelaksanaan seleksi SMMPTN-Barat 2022 didasarkan pada hasil Ujian Tulis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan bersama di bawah koordinasi Panitia SMMPTN-Barat dengan ketentuan sebagai berikut:

Pertama, calon terpilih harus lulus dari pendidikan menengah, lulus SMMPTN-Barat 2022, dalam keadaan sehat dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima manfaat.

Termasuk besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Biaya Pengembangan Institusi (IPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI), besarannya dapat dilihat di website SMMPTN Barat atau di website masing-masing universitas.

Kedua, proses pendaftaran SMMPTN-Barat 2022 dilakukan secara online.

Selanjutnya, daftarkan portofolio Anda melalui halaman pendaftaran SMMPTN-Barat dengan mengisi formulir ujian tertulis dan memasukkan semua data yang diperlukan dengan benar.

Ketiga, pendaftaran dimulai pukul 16:00 WIB mulai 1 April hingga 27 Juni 2022.

Bagi peserta ujian SMMPTN-Barat 2022 yang kemudian membayar biaya pendaftaran sebelum pukul 16:00 WIB pada tanggal 27 Juni 2022.

Peserta yang belum mengisi formulir pendaftaran online akan diberikan kesempatan untuk mengisinya.

Dan melakukan setoran permanen paling lambat pukul 14.00 WIB pada tanggal 28 Juni 2022, dan batas akhir pencetakan kartu peserta adalah tanggal 28 Juni 2022 pukul 14.00 WIB.

Keempat, saat melakukan pendaftaran secara online, peserta peserta SBMPTN 2022 wajib memasukkan nomor ujian SBMPTN 2022 pada kolom yang tersedia.

Arras mengatakan, penyaringan massal dilakukan dalam format UTBK. Jenis ujian pelaksanaan SMMPTN Barat-SMPTN 2022 dibagi menjadi dua bagian.

Rangkaian tes sains dan teknologi (sintek) dengan TPS, Bahasa Inggris, dan TKA mencakup matematika ilmiah, fisika, kimia, dan biologi.

Kemudian ada rangkaian ujian IPS dan humaniora (Soshum) dengan materi ujian Soshum TPS, Bahasa Inggris dan TKA yang meliputi geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi.

Peserta hanya dapat memilih satu kelompok tes, tidak ada kelompok campuran. Peserta juga dapat memilih hingga dua pilihan program studi (prodi) dari satu atau lebih PTN.

Dijelaskannya, “Opsi pertama PTN tidak serta merta harus lokasi tes tertulis. Di masa pandemi COVID-19 saat ini, lokasi tes yang paling dekat dengan tempat tinggal peserta tes saat ini akan dipilih,” jelasnya.

Biaya pendaftaran dan seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah Rp 350.000. Biaya pendaftaran dan seleksi dapat dibayarkan tepat waktu melalui bank terafiliasi yang ada seperti Bank BNI, Mandiri, BTN, dan BSI.

Arras mengatakan “biaya pendaftaran dan seleksi yang dibayarkan tidak dapat ditarik dengan alasan apapun.”

Arras mengatakan lokasi uji coba peserta SMMPTN-Barat 2022 saat ini berada di PTN terdekat dengan rumah peserta.

Protokol pencegahan penyebaran Covid-19 harus dipatuhi. Karena kesehatan dan keselamatan peserta dan penyelenggara adalah prioritas utama kami.

Pengumuman hasil seleksi SMMPTN-Barat 2022 akan diumumkan mulai pukul 16:00 WIB pada 18 Juli 2022.

Laporan Reporter Fahdi Fahlawi