Berita  

Sempat Turun, Survei Populi Center Sebut Kepercayaan Masyarakat Atas Kinerja Jokowi Meningkat

Siaran Pers Mario Christian Sumbao

JAKARTA – Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo kini kembali meningkat, meski sempat terpuruk, setelah pemerintah melakukan penyeimbangan berbagai aspek untuk beradaptasi dengan virus corona.

Demikian disampaikan peneliti Populi Center Rafif Bamineng Imawan yang melakukan penelitian tentang opini publik dan kebijakan publik dalam pernyataan penelitian di kanal YouTube Populi Center (24 April 2022).

“Bersama-sama, kita tahu bahwa pandemi Covid-19 terjadi pada Maret 2020. Semua negara mencoba memahami. Karena kepercayaan rata-rata kepada pemerintah menurun, begitu juga kepuasannya.

Kepuasan yang rendah bukan tanpa alasan.

Salah satu alasannya adalah masyarakat harus mengikuti protokol sosial luas (PSBB) dan kesehatan (prok).

“Saat itu November 2019, empat bulan sebelum Corona 19 masuk ke Indonesia,” kata pria yang belajar politik pemerintahan di Universitas Gajamada pada 2010. “Saya sangat puas dengan pemerintahan Jokowi,” katanya. -19 keluar, dan ketika saya mengujinya, kepercayaan diri saya turun sedikit.

Setelah penyesuaian, pemerintah mampu menyeimbangkan aspek ekonomi dan kesehatan, dan angka survei kepuasan publik atas kinerja Jokowi mencapai 62,4%.

Ketidakpuasan secara keseluruhan adalah 32,8%. Sedangkan 4,8% responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei dilakukan dari Januari 2019 hingga Maret 2022 di Boboli Center. 1.200 responden tersebar di 34 kabupaten dan 120 kota dan desa.

Di setiap kelurahan, 10 responden dibagi menjadi dua kelompok RT. Setiap tim terdiri dari 5 peserta.