Berita  

Skema Rekayasa Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran 2022 Hingga Besaran Tarif Tol Jakarta-Solo Terbaru

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar rapat koordinasi dengan Korlantas Polri membahas skenario manajemen rekayasa transportasi selama Hari Nasional 2022.

(Kecewa) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan diskresi rekayasa transportasi selama ekstradisi Lebaran akan ditegakkan dan diputuskan oleh Kurlantas Poli.

Budi Kariya mengatakan pada Minggu, ”Rekayasa transportasi ini akan dilaksanakan oleh Kurlantas. Polly, apakah itu sistem satu arah atau satu arah, aliran tidak langsung, pembukaan/penutupan lajur, jalan memutar, lajur, bilangan ganjil, dll. “. 4 Oktober 2022).

Kepastian Jurusan Teknik Transportasi yang akan diputuskan saat mudik tahun 2022 akan segera dialihkan dari Korps Relawan Perhubungan Polri untuk lebih memperluas kontak sosial.

“Dengan animo masyarakat yang besar terhadap repatriasi, kami ingin mengatur penerbangan pulang yang aman dan sehat. Smooth Kariya mengatakan kelembutan, keamanan dan disiplin protokol kesehatan sangat penting.

Budi Kariya merekomendasikan hanya mengoperasikan kapal besar untuk memperlancar arus penumpang dan kendaraan di pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni.

Budi Karia mengatakan, “Sementara itu, kami akan mengadakan rapat koordinasi dengan pemerintah Kurlantas, Detlantas, Bulda dan Jawa Tengah untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di Jawa Tengah, tujuan terbesar pemudik.”

Sementara itu, menurut Mabes Polri, Inspektur Furman Santiabudi diperkirakan akan mengumumkan skenario Kementerian Perhubungan saat ekstradisi paling lambat minggu ini dan pemulangan Idul Fitri.

Pihaknya memperkirakan 85 juta orang akan kembali ke rumah, di mana sekitar 47% menggunakan jalan. Oleh karena itu, perlu adanya pengendalian pergerakan.

“Kami mengharapkan kesadaran para pengemudi dan pengguna jalan yang nantinya akan terkena regulasi rekayasa lalu lintas,” kata Fermann.

Dinas PUPR siapkan sebagian jalan tol jalan nasional

Kementerian Perumahan Rakyat dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan tol dan jalan nasional di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan sudah siap sebelum festival MODEC 2022.

“Saat ini sedang dilakukan persiapan Lebaran untuk pemulangannya. Dua minggu lalu, setelah Presiden mengumumkan bisa pulang, kami mengumpulkan semua Badan Pekerjaan Jalan Raya (BUJT). Kami juga menyiapkan semua di setiap Balai jalan PUPR. Saya sudah perintahkan itu. Jalan nasional ada rambu-rambu jalan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuligono, Jumat (4 Agustus 2022), mengutip situs resmi Menteri PUPR.

Menurut Basuki, panjang jalan bebas tol nasional Indonesia adalah 47.017 km di atas Sumatera 7.918 km, Jawa dan Bali 5.348 km, Kalimantan 6.556 km, Sulawesi, Maluku dan 8.785 km, dengan stabilitas 91,8%. Papua, bersama. 0,18,410 kilometer.

Sedangkan Indonesia memiliki 2.500 km jalan operasional yang dioperasikan oleh 46 BUJT di 66 ruas tol yang membentang sepanjang 691 km di Sumatera, 1640,4 km di Jawa, 10,1 km di Bali, 97,3 km di Kalimantan dan Sulawesi. Panjang pulau adalah 61,5 km. km.

Secara spesifik, Menteri PURP menyatakan bahwa tol Jawa (Trans-Jawa, Jabodetabek, Non-Trans-Jawa) memiliki panjang operasi 1.640 km, dan area pelayanan dan rest area (TIP) hingga 96 TIP (53 TIP A dan 35 TIP). ) B dan 8 KIAT C).

“Jalan Tol B Jakarta-Sikampic (KM 67 – KM 50) saat ini sedang diperluas untuk mengantisipasi arus balik terutama ruas terbatas fungsi kendaraan kecil. Hanya ini yang dapat kami selesaikan yang dilaksanakan oleh BUJT Jasa Marga dan dan dapat menjadi fungsional H-10 “.

Basuki juga terus menyiapkan fungsi darurat Jalan Jakarta-Sikampek II Selatan sepanjang 8,6 km (SS Sadang KM 62 – SS Kutanegara KM 53), yang terhubung dengan jalan industri sepanjang 15 km dan masuk kembali ke Gerbang Jakarta. Tol Cikampek timur Karawang KM 54.

“Untuk memperlancar arus repatriasi di Rivaran, replika jembatan Ciujung KM 57 tol Tangrang-Merak sudah usang 93% dan siap beroperasi pada 8 April 2022”.

PUPR juga menambahkan pihaknya tertarik untuk meningkatkan pelayanan pengguna jalan TPPO dengan memperluas berbagai fasilitas, antara lain toilet bersih, prasarana dan sarana ibadah ramah disabilitas, serta kawasan usaha bagi usaha kecil dan menengah (UMKM). penataan taman.

“Kami meminta BUJT untuk memasang toilet darurat sebanyak-banyaknya, dan antusiasnya tentu tinggi, mengingat ada sekitar 3,8 juta ibu rumah tangga yang menyeberang jalan dan tidak pulang dalam dua tahun.” Dia berkata.

Menteri PUPR kemudian menyatakan bahwa Jalan Nasional Bebas Bea Pulau Jawa sepanjang 4.973 km yang terdiri dari pantai utara, tengah, selatan dan selatan, mencapai 94,2%, dan saat ini stabil.

“Saat ini sedang dilakukan perbaikan di beberapa seksi, seperti seksi Sumedang – Sigilaj KM 68+600, perawatan Jembatan Cisiih antara seksi Bayah dan Cibareno, dan perbaikan Jembatan Ngaglik di Lamongan. Dikatakannya, “kegiatan perbaikan (jalan tol) yang sedang dilakukan dan gratis) akan dihentikan paling lambat pada H-10 (21 April 2022)”.

Sementara itu, Pulau Bali memiliki 10,1 kilometer jalan tol Bali-Mandara dan 363 kilometer jalan nasional tidak berpemilik yang terdiri dari lintas utara dan selatan dengan stabilitas 98,3 persen, kata Basuki.

Selain itu, trayek angkutan Sumatera yang beroperasi di Pulau Sumatera sepanjang 691 km dengan 25 TIP (22 TIP A dan 3 TIP B) dan 7.918 km jalan bebas hambatan nasional serta terdiri dari simpang Timur, Tengah dan Barat dalam kondisi stabil 96,3. .persen “.

Di sisi lain, tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 km beroperasi di Kalimantan, dan 6.556 km jalan nasional bebas yang terdiri dari utara, tengah, dan selatan tetap stabil 85,4%.

Ada 61,5 km jalan tol di Sulawesi, 10,1 km dari Tol Ujung Pandang/Makassar, 11,6 km dari 4 seksi Tol Makassar, dan 39,8 km dari Tol Manado-Bitung. . Kilometer dan 8.821 kilometer jalan raya nasional bebas bea terdiri dari Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan dengan stabilitas 93,2%.

Jumlah trayek transit Jakarta terkini – eks Lebaran saja

Setelah larangan dua tahun karena pandemi, repatriasi akhirnya diizinkan tahun ini. Tahun ini, jumlah ibu rumah tangga di Lebaran diperkirakan mencapai 85 juta.

“Jumlah orang yang mudik tahun ini diperkirakan mencapai 85 juta,” kata Jokowi, Rabu (4 Juni 2022) di program YouTube Kantor Presiden.

Dari jumlah tersebut, sekitar 14 juta penumpang berasal dari Japoditapek, kata Jokowi.

Sedangkan jumlah penumpang yang menggunakan mobil pribadi diperkirakan mencapai 47% dari total.

tingkat agregasi

Masyarakat sudah tidak sabar menunggu Tarif Bea Cukai Jakarta-Solo sebelum Lebaran kembali ke tanah air.

Pasalnya, Solo menjadi salah satu destinasi mudik bagi masyarakat, khususnya para pelancong dari Jakarta.

Barsoum Road juga merupakan alternatif perjalanan darat yang lebih mudah dijangkau. Juga, saat ini ada jalur transfer via Jawa.

Penghuni rumah dapat menggunakan jalan Trans-Jawa untuk mencapai jalan Jakarta-Solo yang panjangnya sekitar 536 km, sehingga waktu tempuhnya sekitar 7-8 jam.

Namun mohon isi saldo uang elektronik sesuai dengan bea masuk yang diharapkan agar bea masuk dapat dilunasi dengan lancar sampai tujuan.

Jalan tol Jakarta – Solo meliputi banyak ruas jalan tol mulai dari Jalan Jakarta-Sikampic, Jalan Sekubo-Palimanan (Sibali), Jalan Balimanan-Kansi, Jalan Kansi-Bejan, Jalan Bijagan-Pimalang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Batang – Semarang. lulus , Jalan ABC-Solo Semarang.

Berikut rincian lengkap tarif Angkutan Umum Jakarta – Solo di Tol Trans Jawa dilansir dari akun Instagram resmi jasamarga.

Jakarta – Sicambec 20000 Rupiah

Tol Chicopo-Palimanan (Cipali) Rp 119000

Tol Palimanan-Kanchi Rp 12Ì500

Jalan Kansi Bijan Rp 29500

Tol Pejagan-Pemalang Rp 60.000

Tol Pemalang-Batang Rp 45000.000

Tol Batang Semarang Rp 86.000.000

Semarang ABC- Tol Tunggal Rp 750.000.000

Jadi dengan penambahan tarif Jakarta-Solo menjadi Rp 447.000.

Jakarta – Tarif tarif Solo berlaku untuk kendaraan Kelas 1 seperti sedan, jeep, van, van dan bus.

Siaran pers, Hari Dharmawan