Suatu Sistem Latihan Yang Diselingi Oleh Masa-masa Istirahat Disebut

Suatu Sistem Latihan Yang Diselingi Oleh Masa-masa Istirahat Disebut – Latihan ketahanan kardio dan paru menggunakan fartlek sangat bagus untuk semua olahraga ketahanan.

Dengan melakukan fartlek secara rutin, seseorang dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan aktivitas fisik, khususnya bagi seorang atlet, sehingga dapat menjaga kondisi tubuhnya saat bertanding.

Suatu Sistem Latihan Yang Diselingi Oleh Masa-masa Istirahat Disebut

Suatu Sistem Latihan Yang Diselingi Oleh Masa-masa Istirahat Disebut

Fartlek sendiri berarti bermain dengan kecepatan. Latihan ini diciptakan oleh Gosta Holmer dari Swedia, yang menciptakan metode untuk meningkatkan daya tahan dengan berlatih berlari dengan berbagai kecepatan.

Rumah Sakit Universitas Indonesia

Dengan demikian, seorang fartlek merasakan semua medan dan dapat menerapkan kecepatan lari pada lintasan yang berbeda.

Oleh karena itu, saat melakukan senam fartlek, medan yang dilalui diprioritaskan memiliki medan yang berbeda-beda, seperti daerah perbukitan, tanah berpasir, semak belukar, lubang loncatan, tanah berumput, tanah lunak, dan sebagainya.

Selain fartlek, untuk meningkatkan daya tahan tubuh khususnya daya tahan jantung dan paru dapat dilakukan dengan cara lain seperti yang telah disebutkan pada buku modul.

Dalam sesi latihan interval seorang atlet melakukan latihan berulang-ulang dalam satu sesi latihan dan diselingi dengan istirahat pada setiap periode latihan.

Pjok 8 Genap

Lari lintas alam merupakan salah satu lari jarak jauh yang dilakukan di alam terbuka, seperti jalan raya, pegunungan, pemukiman, atau hutan.

Jarak tempuh dan waktu lari harus diukur dengan baik agar tingkat perkembangan dapat dikontrol guna meningkatkan beban atau kualitas latihan untuk meningkatkan daya tahan.

Untuk melakukan senam ini, seseorang hanya membutuhkan bangku yang digunakan untuk naik turun. Agar lebih efektif, pilih bangku yang tidak terlalu tinggi.

Suatu Sistem Latihan Yang Diselingi Oleh Masa-masa Istirahat Disebut

Merupakan latihan yang dilakukan dengan membentuk beberapa posko latihan. Setiap pos memiliki bentuk latihan dengan fungsi dan tujuan tertentu.

Mengenal Apa Yang Dimaksud Latihan Fartlek Untuk Daya Tahan Jantung

Pada dasarnya tujuan dari circuit training adalah menggabungkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan berbagai komponen fisik secara bertahap dan berkesinambungan.

Jokowi ingin semua daerah memiliki visi masa depan dengan karakteristik yang berbeda Selasa, 17 Januari 2023 14:45 WIB1 BAB II KAJIAN TEORITIS 1.1 Sifat daya tahan kardiovaskuler Menurut Muhajir dan Jaja (2011:61) daya tahan kardiovaskuler ini merupakan daya tahan tubuh seseorang daya tahan kardiovaskular. bekerja dalam waktu yang relatif lama. Istilah lain yang umum digunakan adalah respiratory-cardio-vascular-endurance, yaitu daya tahan yang berhubungan dengan pernapasan, jantung, dan sirkulasi darah. Oleh karena itu bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan pernafasan-jantung-peredaran darah ini disebut ergosistem sekunder yang dibentuk dengan cara meningkatkan sistem ergo primer (sistem saraf-otot dan tulang rangka). jenisnya, antara lain: lari jarak jauh, renang jarak jauh, lari lintas alam atau lari lintas alam, fartlek, latihan interval atau segala bentuk olahraga yang memaksa tubuh bekerja dalam waktu yang lama (lebih dari 6 menit). diselingi dengan waktu istirahat.Latihan interval merupakan bentuk latihan yang penting untuk dimasukkan dalam program latihan umum.Bentuk latihan dalam latihan interval dapat berupa lari atau renang interval.Menurut Moeloek dalam Russlan (2010:35). ) bahwa endurance adalah keadaan yang menyatakan tekanan pada kemampuan untuk bekerja secara terus menerus dalam suasana aerobik k. Daya tahan adalah kemampuan untuk bekerja, berlatih di luar angkasa 7

2 tua Atlet dengan daya tahan yang baik adalah atlet yang dapat berlatih dalam waktu relatif singkat, kondisinya sudah kembali seperti sebelum latihan. Menurut Engkos Koasih dalam Indrayana (2012:4) Daya tahan adalah keadaan atau kondisi tubuh yang dapat bekerja dalam waktu lama, tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan setelah menyelesaikan pekerjaan. Fox dan Mathews dalam Indrayana (2012:4) berpendapat bahwa daya tahan merupakan faktor yang menentukan keberhasilan olahraga. Sedangkan Harsono dalam Indrayana (2012:4) mengatakan bahwa daya tahan adalah keadaan atau kondisi tubuh yang dapat bekerja dalam waktu lama tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan setelah bekerja. Menurut Annarino dalam Indrayana (2012:4) Endurance merupakan hasil kemampuan fisiologis seseorang untuk mempertahankan gerak dalam jangka waktu tertentu. Kapasitas fisiologis individu adalah daya adaptasi organ tubuh seperti otot, jantung dan paru-paru terhadap suatu aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Daya tahan dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1) daya tahan umum, yang dikenal dengan kekuatan jantung dan paru-paru atau daya tahan aerobik, yang melibatkan banyak aktivitas otot, dan diarahkan pada daya tahan jantung dan pernapasan, 2) daya tahan khusus (specific endurance) yang dikenal sebagai otot ketahanan. atau daya tahan anaerobik. Daya tahan anaerobik adalah kemampuan untuk mempertahankan kontraksi otot ketika energi disediakan melalui mekanisme anaerobik. Fox dkk dalam Indrayana (2012:4). Jadi setiap latihan olahraga itu ada 8

3 yang dilakukan secara teratur dan sistematis dapat meningkatkan dan meningkatkan kapasitas daya tahan kardiovaskuler. Hal ini menyatakan bahwa atlet sepak bola harus memiliki daya tahan kardiovaskuler yang baik agar dapat bertanding secara maksimal dan mendapatkan predikat juara kardiovaskuler (jantung). 2/3 ada disebelah kiri, baik tidaknya daya tahan tubuh seseorang akan selalu dilihat dulu di jantung, paru-paru dan lain-lain. Bahkan kondisi hati biasanya dijadikan acuan untuk keadaan kondisi fisik seseorang. Oleh karena itu organ jantung, fungsi dan hal-hal yang dapat mempengaruhinya akan selalu diperhatikan. Begitu juga dengan aktivitas olahraga, akan sangat mempengaruhi struktur jantung dan fungsi jantung itu sendiri. Williams et al dalam Indrayana (2012:4) jantung pada dasarnya berfungsi sebagai pompa, curah jantung (cardiacout set), redistribusi sumbat darah. Jantung sebagai pompa memompa darah untuk memenuhi kebutuhan sel dan jaringan guna mempertahankan kelangsungan hidup sel (homeostatis). Diketahui juga bahwa pada aliran vertikal terdapat hukum straling (law of stretching) yaitu jumlah darah yang masuk dan keluar sama. Semakin besar kontraksi, semakin besar jumlah darah yang masuk. Ini juga bisa disebut sebagai hukum preload adalah daya tahan umum yang dikembangkan dengan latihan intensitas tinggi dan waktu latihan yang lama

Mahasiswa Uad Archives

4 melibatkan jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Dalam hal ini, olahraga memberi tekanan pada jantung, sirkulasi darah, dan pernapasan. Daya tahan kardiovaskular mengacu pada kemampuan untuk melakukan aktivitas intensitas sedang di seluruh tubuh dan sebagian besar otot untuk jangka waktu yang lama. Menurut Sajoto dalam Indrayana (2012:5) daya tahan umum atau cardio-respiratory endurance adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan sistem jantung, pernapasan, dan peredaran darahnya, secara efektif dalam melakukan pekerjaan terus menerus yang melibatkan kontraksi sejumlah besar otot, dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama cukup panjang Daya tahan jantung-pernapasan atau cardio-pulmonary endurance menurut Harsini dalam Indrayana (2012:5) adalah keadaan atau keadaan tubuh yang dapat bekerja dalam waktu lama, tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan setelah melakukan pekerjaan. Karena batasan endurance seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu kemampuan untuk bekerja atau berlatih dalam waktu yang lama. Kemudian latihan yang mengembangkan komponen endurance harus memenuhi batasan tersebut yaitu latihan yang dipilih harus bertahan lama, misalnya lari jarak jauh, renang jarak jauh, lari lintas alam atau lari lintas alam, fartlek, latihan interval , atau bentuk latihan apa pun. yang memaksa tubuh kita bekerja untuk waktu yang lama. Dari kutipan di atas dapat ditarik gambaran bahwa ada banyak bentuk pelatihan yang dapat digunakan untuk 10 orang.

5 meningkatkan daya tahan kardiovaskular, dan prinsipnya adalah latihan yang dipilih harus bertahan lama. VO 2 Max VO 2 Max adalah ukuran volume maksimum oksigen yang dapat digunakan seorang atlet. Itu diukur dalam mililiter per kilogram berat badan per menit (ml/kg/menit). VO2 max (juga konsumsi oksigen maksimal, serapan oksigen maksimal, serapan oksigen puncak atau kapasitas aerobik) adalah kapasitas maksimal tubuh seseorang untuk mengangkut dan menggunakan oksigen selama latihan tambahan, yang mencerminkan kapasitas fisik orang tersebut. Nama ini berasal dari V (volume per waktu), O 2 (oksigen), maks (maksimum). VO2 max dinyatakan baik sebagai tingkat mutlak liter oksigen per menit (l/min) atau sebagai persentase relatif mililiter oksigen per kilogram berat badan per menit (ml/kg/min), ungkapan yang terakhir sering digunakan untuk membandingkan performa atlet. olahraga daya tahan. sebuah. Mengukur VO 2 Max dengan benar mengukur VO 2 max melibatkan pengerahan tenaga fisik dengan durasi dan intensitas yang cukup untuk sepenuhnya membebani sistem energi aerobik. Dalam uji coba atletik dan klinis umum, ini biasanya melibatkan tes olahraga bertingkat (baik di treadmill atau di ergometer sepeda) di mana intensitas latihan ditingkatkan secara progresif sementara ventilasi dan konsentrasi oksigen dan karbon dioksida di udara diukur. tarik napas dan hembuskan. . VO 2 max terjadi ketika konsumsi oksigen tetap stabil meskipun beban kerja meningkat. VO 2 max ditentukan oleh persamaan Fick 11

6: Ketika nilai-nilai ini diperoleh selama pengerahan tenaga dengan upaya maksimal. Seorang profesor ilmu olahraga dan olahraga di Universitas Cape Town, menjelaskan sejumlah variabel yang memengaruhi VO 2 maks, seperti: 1) Usia 2) Jenis Kelamin 3) Kebugaran dan pelatihan 4) Perubahan ketinggian 5) Aksi ventilasi otot. Ada beberapa faktor fisiologis yang menentukan VO2 max: 1) Teori Pemanfaatan (VO 2 max ditentukan oleh kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen yang tersedia). 2) Presentasi teori (kemampuan sistem kardiovaskular tubuh untuk mengantarkan oksigen ke jaringan aktif). b. Evaluasi uji VO 2 Max VO 2 max dapat dilakukan dengan menggunakan uji bleep Menegpora di Yanuar (2013: 3). 1.2 Daya tahan jantung sebagai komponen kebugaran atlet sepak bola 12

Suatu Sistem Latihan Yang Diselingi Oleh Masa-masa Istirahat Disebut

7 Menurut Jaja dan Eli (2010: 38-39) bahwa komponen daya tahan kardiovaskuler dalam sepak bola bagi atlet endurance adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas dalam waktu lama tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Daya tahan dibagi menjadi dua, yaitu daya tahan otot dan daya tahan jantung

Ejercicio De Soal Ujian Semester 1 Kelas 10

Mereka yang berdasarkan hukum merupakan anggota suatu negara disebut, reboisasi hutan yang diselingi dengan tanaman pangan disebut dengan istilah, benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut, benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut, iklan media elektronik yang muncul di suatu situs disebut iklan, influenza merupakan penyakit pernapasan yang disebut oleh, keputihan yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme disebut, naiknya tekanan darah diatas normal menjadikan suatu penyakit yang disebut, bunyi yang terdengar oleh telinga disebut, yang disebut masa subur wanita, energi yang dimiliki oleh suatu benda yang bergerak disebut, spt yang digunakan untuk melaporkan kewajiban pajak untuk suatu masa pajak disebut

close