Tahapan Berbalas Pantun Adalah Simbol Bahwa Masyarakat Betawi

Tahapan Berbalas Pantun Adalah Simbol Bahwa Masyarakat Betawi – Diberikan ilustrasi tradisi Betawi Palang Pintu dengan saling tukar pantun dan adu silla dalam prosesi pernikahan. Sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sajak timbal balik adalah kegiatan yang menyenangkan dan menghibur untuk didengarkan oleh penonton. Uniknya, kegiatan santai tersebut kerap ditampilkan dalam prosesi pernikahan dalam tradisi budaya Betawi yang masih ada hingga saat ini.

Tahapan Berbalas Pantun Adalah Simbol Bahwa Masyarakat Betawi

Tahapan Berbalas Pantun Adalah Simbol Bahwa Masyarakat Betawi

Kegiatan bersajak bersama dalam prosesi pernikahan Betawi merupakan salah satu unsur penting dalam tradisi Palang Bento. Mengutip dari buku Buke Palang Pintu Betawi, Prosesi Pernikahan Adat, Bachtiar (2013), saat masyarakat Betawi menikah, pihak keluarga akan menggelar prosesi Palang Pintu sebelum akad nikah dilakukan. Makna Palang Pintu dianggap sebagai simbol permintaan dari keluarga mempelai pria untuk mendapatkan restu dari keluarga mempelai wanita.

Masyarakat Adat Dalam Pusaran Perubahan By Kabar Inklusi Program Peduli

Pada dasarnya tradisi Palang Pintu dalam budaya Betawi tidak hanya sarat dengan kegiatan bersajak yang dipertukarkan antara perwakilan masing-masing keluarga, tetapi dalam prosesnya juga terdapat kegiatan rekreasi lainnya seperti adu pencak silat. Agar masyarakat mengetahui keunikan tradisi pernikahan Betawi, berikut beberapa hal menarik seputar Palang Pintu:

Dalam tradisi Palang Pintu, pertarungan pencak silat digelar untuk melambangkan kesanggupan mempelai pria dalam menjaga dan melindungi calon istri dan keluarganya sebagai kepala keluarga. Walaupun memiliki arti dapat melindungi, pertarungan pencak silat tidak langsung dilakukan oleh mempelai pria secara langsung, melainkan dilakukan oleh perwakilan masing-masing keluarga, atau perwakilan dari para pahlawan kedua mempelai.

Selain bersifat menghibur, pantun yang dipertukarkan dalam tradisi depan pintu juga disimbolkan sebagai bentuk musyawarah untuk mufakat antara keluarga calon mempelai agar seorang laki-laki dapat memperistri wanita idamannya. Jenis pantun yang dibawakan oleh masing-masing pahlawan keluarga berupa pantun indikatif tentang peti rumah masa depan.

Budaya Betawi umumnya identik dengan agama Islam, sehingga dalam tradisi palang pintu terdapat rangkaian acara berupa pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa-doa sebagai simbol bahwa kelak seorang laki-laki akan menjadi imam keluarga. yang mampu membimbing istri dan keluarganya untuk memahami agama dan akhlak yang baik.

Bab 3 Plbj Pdf

Setelah menyelesaikan semua tahapan penghentian pintu, kedua mempelai dapat membuat akad nikah. Benar-benar tradisi yang unik bukan? (selamat datang)

Berbalas pantun adat, berbalas pantun kocak, balas berbalas pantun, berbalas pantun betawi palang pintu, pantun betawi cinta, pantun berbalas, berbalas pantun betawi, berbalas pantun gombal, pantun betawi kocak, contoh berbalas pantun betawi, contoh berbalas pantun nasehat, contoh pantun berbalas

close