Teks Eksplanasi Ilmiah Disusun Dengan Prinsip

Teks Eksplanasi Ilmiah Disusun Dengan Prinsip – Teks interpretatif adalah teks yang menjelaskan proses asal usul atau munculnya fenomena alam atau peristiwa sosial. Dalam teks deklaratif, suatu peristiwa terjadi karena peristiwa lain mendahuluinya, dan peristiwa itu menghasilkan peristiwa lain setelahnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang menggambarkan rangkaian peristiwa. Sebuah teks interpretatif juga memiliki fungsi sosial, yaitu untuk menjelaskan kepada khalayak tentang proses yang sedang berlangsung. Teks ini juga disusun berdasarkan prinsip kausalitas.

Teks Eksplanasi Ilmiah Disusun Dengan Prinsip

Teks Eksplanasi Ilmiah Disusun Dengan Prinsip

Berikut penjelasan tentang teks eksplanasi yang dikutip dari Text in Study of Structure and Language karya Taufiqur Rahman:

Karya Ilmiah Remaja

Contoh teks eksplanasi biasanya proses terjadinya gempa bumi, proses terjadinya gerhana bulan, proses turunnya hujan, proses terbentuknya pencemaran tanah.

1. General statement: berisi ringkasan informasi tentang apa yang telah dibahas; pernyataan umum tentang suatu hal yang menjelaskan proses keberadaan, proses asal, proses pembentukan, dan sejenisnya.

2. Serangkaian penjelasan; pada bagian ini terdapat urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi, seperti penjelasan tentang proses adanya atau proses terjadinya sesuatu.

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu proses, sehingga harus dijelaskan secara bertahap atau berurutan dari awal hingga akhir.

Soal Dan Kunci Jawaban Pas/uas Kelas 6 Tema 3 Tokoh Dan Penemuan

3. Interpretasi: Bagian ini berisi pendapat singkat penulis dan kesimpulan atau pernyataan tentang topik/proses yang dijelaskan. Bagian ini juga menyimpulkan teks eksplanasi.

Semua orang, hampir semua orang, tahu apa itu banjir. Fenomena alam ini rupanya sudah menjadi langganan beberapa daerah di Indonesia saat memasuki musim hujan. Dalam tinjauan ilmiah, banjir adalah fenomena alam, yaitu naiknya air di daratan yang menutupi sebagian atau seluruh wilayah. Banjir sebenarnya merupakan bagian dari siklus hidrologi yang secara ilmiah terjadi di Bumi.

Dalam proses sirkulasi air di dunia, kapasitas air permukaan bumi bergantung pada curah hujan dan kemampuan menyerap air tanah. Jika salah satu dari unsur tersebut tidak dapat menjalankan perannya dengan baik, maka akan menyebabkan banjir karena volumenya yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Teks Eksplanasi Ilmiah Disusun Dengan Prinsip

Banjir tentu saja dapat disebabkan oleh curah hujan lokal dan penyebaran limpasan di bagian atas suatu daerah atau daerah aliran sungai. Namun, ada juga banjir yang merupakan akibat ulah manusia, misalnya akibat resapan, penimbunan limbah, pendangkalan daerah sekitar sungai dan sejenisnya.

Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Ciri, Struktur, Dan Cara Membuatnya

Proses terjadinya banjir yang terjadi secara alami diawali dengan adanya hujan kemudian air tersebut terendapkan di permukaan bumi. Air biasanya ditahan di dalam tanah oleh akar tumbuhan atau organisme lain dan kemudian mengalir melalui jalur bawah tanah ke lokasi yang lebih rendah. Ini kemudian akan diangkut ke laut dan sebagian lainnya akan mengalami penguapan langsung.

Hanya jika terjadi banjir, air yang tergenang di tanah tidak bisa terserap seluruhnya. Hal ini disebabkan tidak adanya tanaman penghambat, mungkin juga karena jenis tanahnya yang tidak menyerap air. Akibatnya, air permukaan masih tergenang. Jika hujan turun terus menerus dan air tidak dapat terserap dengan baik, maka genangan air akan naik dan menyebabkan banjir.

Teks eksplanasi gempa bumi, pengertian teks eksplanasi, teks eksplanasi halo matahari, contoh teks eksplanasi pendidikan, teks eksplanasi, teks eksplanasi fenomena alam, teks eksplanasi gerhana bulan, jenis teks eksplanasi, makalah tentang teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, teks eksplanasi tentang erosi, teks eksplanasi tentang sosial

close