Ternyata Karena Itulah Cantika Abigail Memilih Menjadi Vegan.

Laporan wartawan Aisyah Nursyamsi

, JAKARTA – Aktris dan anggota grup musik GAC Cantika Abigail, Cantika Abigail, mengungkapkan dirinya kini menjadi vegan.

Vegan adalah gaya hidup yang peduli dan hidup yang bebas dari eksploitasi hewan dalam bentuk apapun. Ada baiknya dengan tidak mengkonsumsi hewan untuk makanan, pakaian dan penolakan pengujian hewan.

Ada alasan mengapa Cantika memutuskan untuk menjadi vegetarian. Awalnya dia melihat tontonan tentang Foie Grass. Makanan khas Perancis yang terbuat dari hati angsa atau bebek.

Dia menyaksikan produksi di sekitar foie gras dan memutuskan untuk menjadi vegan. Tidak hanya itu, ada alasan lain untuk memotong semua jenis daging.

Salah satunya karena faktor kesehatan. Cantica diketahui memiliki psoriasis autoimun. Inilah saat kondisi sel kulit menumpuk dan muncul flek. Hal ini menyebabkan gatal dan kekeringan.

Dan status autoimunnya telah membaik sejak dia memutuskan untuk berhenti makan semua bentuk daging, susu, dan produk lainnya.

“Penyebab gatal ada pada makanan yang mengandung gluten, daging merah, dan produk susu,” ujarnya dalam acara GreenKind Media Gathering di Jakarta, Kamis. 2022).

Meski psoriasis kambuh, Cantika mengatakan lebih sering disebabkan oleh stres atau kurang istirahat. Itu tidak diinduksi oleh makanan.

Cantika mengaku tidak terlalu sulit mengeluarkan daging merahnya, namun ia kesulitan mengeluarkan ayam atau ikannya.

“Itulah mengapa lebih sulit untuk menyingkirkan hal-hal seperti ayam dan ikan. Alasan saya vegan bukan karena saya tidak suka rasa daging, jadi saya mencoba untuk mencari pilihan ketika saya vegan. Untuk mengganti daging dan ayam,'” kata Cantika lagi.

Sesekali dia mencoba makanan vegan yang mirip dengan daging nabati. Namun, tekstur dan bumbu biasanya masih terasa berbeda dari dagingnya. Namun kini ia mulai mendapatkan beberapa pilihan makanan alternatif pengganti daging.

“Burgreens memiliki banyak pilihan daging yang umum di masakan Indonesia. Dan bumbunya sangat kuat. Inovasi ini terbantu dengan ini,'” tutupnya.