Berita  

Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon Telah Terjual

CIREBON – Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengungkapkan, sebanyak 19.087 tiket kereta api Angkutan Lebaran di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon telah terjual.

Jumlah tersebut merupakan tiket kereta api yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon selama masa Angkutan Lebaran 2022 yang berlangsung dari 22 April – 10 Mei 2022.

“Per hari ini okupansi atau keterisian tempat duduk kereta api dari Cirebon tujuan Jakarta dan Bandung rata-rata mencapai 28 persen,” kata Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (9/4/2022).

Ia mengatakan, okupansi kereta api dari Cirebon tujuan ke arah Surabaya, Jember, Semarang, Solo, Jogyakarta, Purwokerto, dan lainnya rata-rata mencapai 43 persen.

Pihaknya juga mencatat jumlah tempat duduk yang tersisa di kereta api dari Cirebon tujuan daerah-daerah tersebut hingga kini 394.974 seat.

Sementara untuk kereta api dari Cirebon tujuan Jakarta dan Bandung jumlah tempat duduk yang tersisa mencapai 443.970 seat.

“Hingga kini, 60 perjalanan kereta api dari Cirebon tujuan Surabaya, Jember, Semarang, Solo, Jogyakarta, Purwokerto, dan lainnya pada 27 April – 1 Mei 2022 rata-rata okupansinya sudah di atas 93 persen,” ujar Suprapto.

Suprapto menyampaikan, okupansi 60 perjalanan kereta api dari Cirebon tujuan Jakarta dan Bandung pada 7 – 8 Mei 2022 juga rata-rata telah mencapai lebih dari 94 persen.

Pemesanan tiket kereta api di tanggal-tanggal tersebut merupakan favorit masyarakat karena pemesanannya cukup tinggi dan diprediksi terus meningkat.

Karenanya, ia mengimbau masyarakat yang hendak bepergian menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran 2022 segera memesannya di seluruh channel penjualan resmi.

“Penjualan tiketnya sudah dibuka sejak awal April 2022, sehingga masyarakat bisa langsung memesannya sebelum kehabisan,” kata Suprapto.

Ia mengakui, minat masyarakat di wiayah PT KAI Daop 3 Cirebon untuk mudik menggunakan kereta api pada tanggal dan rute favorit tergolong cukup tinggi.

Selain itu, wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon berada di tengah Pulau Jawa sehingga tersedia rute perjalanan kereta api yang menghubungan ke berbagai daerah.

Di antaranya, Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Jogyakarta, Solo, Purwokerto, Jember, dan lainnya. Namun, secara umum dipastikan tiket kereta api Angkutan Lebaran 2022 masih tersedia.

“PT KAI juga telah menyiapkan penambahan perjalanan kereta api selama masa Angkutan Lebaran pada tahun ini,” ujar Suprapto.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul PT KAI Daop 3 Cirebon Catat Penjualan Tiket KA Saat Mudik Lebaran Meningkat, Sudah Laku 19.000 Tiket

Laporan Wartawan , Ahmad Imam Baehaqi