Tuliskan Tekanan Yang Harus Diberikan Pada Aktivitas Gerak Berirama

Tuliskan Tekanan Yang Harus Diberikan Pada Aktivitas Gerak Berirama – Gerakan senam atau kegiatan gerak ritmik yang disebut senam ritmik dilakukan mengikuti irama musik atau belajar bebas. Aktivitas motorik ritmis dapat dilakukan dengan atau tanpa instrumen. Alat yang paling umum digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi.

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan antara senam umum dan senam ritmik, dan ritme ditambahkan pada senam ritmik. Penekanan senam ritmik: irama, kelenturan tubuh dan kontinuitas gerak.

Tuliskan Tekanan Yang Harus Diberikan Pada Aktivitas Gerak Berirama

Tuliskan Tekanan Yang Harus Diberikan Pada Aktivitas Gerak Berirama

Senam mulai dikenal Indonesia pada tahun 1912 dan masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Entri senam ini bertepatan dengan pendidikan jasmani yang dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah.

Pjok Kelas 7

Senam pertama yang diperkenalkan adalah sistem senam Jerman. Pada tahun 1916 sistem ini digantikan oleh sistem Swedia (yang mengutamakan mobilitas). Sistem ini dr. Itu diperkenalkan oleh seorang medis di Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. HF Minkema.

Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 menandai berakhirnya kegiatan senam gaya Barat di Indonesia. Jepang melarang semua bentuk senam dari sekolah dan masyarakat dan menggantinya dengan “daiso”. Taiso adalah salah satu jenis senam pagi (calesthenic form) yang harus dilakukan di sekolah sebelum pelajaran dimulai.

Pada bab ini, Anda akan mempelajari kegiatan belajar gerak kaki, gerakan ayun lengan, dan variasi langkah dan gerakan ayun lengan.

Pada bab ini, Anda akan mempelajari aktivitas pembelajaran fase normal, fase silang, fase keseimbangan, fase depan, dan fase silang. Kegiatan pembelajaran ini berupa:

Cara Agar Tetap Tenang Dalam Situasi Yang Penuh Dengan Tekanan

Dalam bab ini, Anda akan mempelajari latihan seperti mengayunkan lengan depan ke belakang, mengayunkan satu lengan ke samping, mengayunkan satu lengan ke samping sambil memindahkan beban, mengayunkan kedua lengan ke depan dan ke belakang, dan mengayunkan lengan ke depan. tubuh. Kegiatan pembelajaran ini berupa:

1. Perhatikan dan amati contoh guru mengayunkan satu lengan ke depan dan ke belakang.

1. Perhatikan dan amati contoh guru cara mengayunkan satu lengan ke samping.

Tuliskan Tekanan Yang Harus Diberikan Pada Aktivitas Gerak Berirama

Sekarang ayunkan satu tangan ke samping, pindahkan berat badan Anda dengan cara berikut.

Agroekosistem: Pengertian, Komponen, Contoh, Hingga Pengaplikasiannya! (2022)

1. Amati peragaan guru tentang cara mengayunkan satu tangan ke samping sambil memindahkan beban.

1. Perhatikan contoh yang guru tunjukkan cara mengayunkan lengan ke depan dan ke belakang.

1. Perhatikan contoh yang diberikan oleh guru dan amati bagaimana lengan disilangkan di depan badan hingga diayun di depan badan.

Tujuan dari langkah gerak ritmis dan variasi ayunan lengan adalah untuk menggabungkan langkah gerak ritmis yang dipelajari dengan variasi ayunan lengan.

Tolong Dijawab Nomor 4 Dan 5 Yang Benar !

Variasi langkah dan gerakan ritmis ayunan lengan dapat dilakukan “secara individu atau berpasangan”. Dalam kegiatan gerak ritmis, siswa diharapkan mampu menunjukkan nilai-nilai sikap seperti kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin dan toleransi saat melakukan variasi gerak langkah dan ayunan lengan.

Pada bab ini, Anda akan mempelajari kegiatan pembelajaran gerakan langkah maju dan gerakan langkah samping dengan variasi gerakan lengan atas dan gerakan lengan melingkar. Kegiatan pembelajaran ini berupa:

1. Amati contoh guru tentang cara menggerakkan kaki ke depan dan tangan ke atas. suka buku ini? Publikasikan buku Anda secara online gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Tuliskan Tekanan Yang Harus Diberikan Pada Aktivitas Gerak Berirama

193 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Gambar 5.4 Kegiatan Latihan Kekuatan Lengan Diskusikan hasil pengamatanmu dengan teman dan guru. Setelah melakukan beberapa latihan kekuatan lengan, bandingkan pengamatan Anda dengan: 1) Rasakan gerakannya. 2) Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan pengamatan Anda dan lihat mana yang paling mudah dilakukan. 3) Jika mengalami kesulitan, tanyakan atau diskusikan dengan guru atau teman. e. Kegiatan Pembelajaran Kekuatan Kaki (Bench Up) Amati dan peragakan kegiatan latihan kekuatan kaki (bench up) berikut untuk meningkatkan kebugaran. 1) Berdiri menghadap bangku yang digunakan untuk naik dan turun. 2) Setelah peluit berbunyi, naik ke bangku dan turun. 3) Saat naik turun, satu kaki harus diikat ke bangku atau lantai, tidak diperbolehkan melompat ke atas atau ke bawah. 4) Terus ulangi gerakan ini tanpa henti selama 3 menit. Gambar 5.5 Kegiatan Latihan Kekuatan Kaki

Kelas 8 Smp Penjas

194 Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi Mendiskusikan hasil observasi dengan teman dan guru. Setelah melakukan latihan kekuatan kaki, bandingkan pengamatan Anda dengan: 1) Rasakan gerakannya. 2) Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan pengamatan Anda dan lihat mana yang paling mudah dilakukan. 3) Jika mengalami kesulitan, tanyakan atau diskusikan dengan guru atau teman. 2. Kegiatan Pembelajaran Ketahanan Otot Daya tahan otot adalah kemampuan otot untuk melakukan kerja motorik yang membebani mereka dalam jangka waktu yang lama. Salah satu bentuk latihan ketahanan otot adalah latihan beban. Latihan ketahanan otot sederhana terlihat seperti ini: Kegiatan Pembelajaran Ketahanan Otot Lengan dan Bahu Amati dan demonstrasikan kegiatan latihan ketahanan otot lengan dan bahu berikut untuk meningkatkan kebugaran. 1) Untuk berolahraga, berjalanlah dengan seorang teman yang memegang kedua tangan dan kaki. 2) Ulangi latihan ini secara bergantian dengan seorang teman. 3) Jarak penyeberangan 15-20 meter. Gambar 5.6 Mendiskusikan observasi aktivitas latihan ketahanan otot lengan dan bahu bersama teman dan guru. Lakukan latihan ketahanan lengan dan bahu dan bandingkan pengamatan Anda dengan cara berikut.

195 Pendidikan Jasmani·Olahraga·Kesehatan 1) Rasakan gerakannya. 2) Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan pengamatan Anda dan lihat mana yang paling mudah dilakukan. 3) Jika mengalami kesulitan, tanyakan atau diskusikan dengan guru atau teman. hujan. Kegiatan Pembelajaran Ketahanan Otot Kaki Amati dan demonstrasikan kegiatan latihan ketahanan otot kaki berikut ini untuk meningkatkan kebugaran. 1) Posisi jongkok, lutut ditekuk kuat. Bagian belakang persambungan dengan betis dengan tumit diangkat. 2) Lemparkan kedua kaki ke belakang secara bersamaan dan kembali ke posisi jongkok belakang. 3) Lemparkan kaki Anda ke belakang dan jongkok. 4) Ulangi latihan ini selama 2 x 8 hitungan. Gambar 5.7 Kegiatan Latihan Ketahanan Otot Kaki Diskusikan hasil pengamatanmu dengan teman dan guru. Setelah melakukan latihan ketahanan kekuatan kaki, bandingkan pengamatan Anda dengan: a) Rasakan gerakannya. b) Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan pengamatan Anda dan yang paling mudah dilakukan. c) Menanyakan atau mendiskusikan kesulitan dengan guru atau teman. Benih. Aktivitas Latihan Ketahanan Otot Lengan Berpasangan Amati dan peragakan aktivitas latihan ketahanan otot lengan berikut untuk meningkatkan kebugaran.

196 Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi 1) Duduk saling berhadapan secara berpasangan. 2) Kaki depan dibawa ke belakang kaki lainnya dan tangan saling berpegangan. 3) Tarik kedua tangan ke depan dan ke belakang. 4) Tekuk lutut kedua kaki. 5) Bergiliran melakukan latihan ini dan saling mengesankan. Gambar 5.8 Kegiatan Latihan Ketahanan Otot Lengan Berpasangan Diskusikan hasil pengamatanmu dengan teman dan guru. Lakukan latihan ketahanan otot lengan secara berpasangan, kemudian bandingkan hasil pengamatan Anda dengan cara berikut. 1) Rasakan gerakannya. 2) Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan pengamatan Anda dan lihat mana yang paling mudah dilakukan. 3) Jika mengalami kesulitan, tanyakan atau diskusikan dengan guru atau teman. e. Kegiatan Latihan Ketahanan Lengan (Single Bar Raise) Amati dan peragakan Kegiatan Latihan Ketahanan Lengan (Single Bar Raise) berikut untuk meningkatkan kebugaran. 1) Dapatkan di bangku yang disiapkan. Pegang satu palang dengan telapak tangan menghadap ke depan. 2) Jarak antara kedua tangan yang memegang satu palang selebar bahu. 3) Lepaskan bangku untuk menggantung dudukan batang tunggal. Luruskan lengan Anda. 4) Setelah perintah “mulai”, angkat badan hingga dagu melewati palang tunggal (jangan memiringkan kepala ke belakang). 5) Turunkan diri Anda sampai lengan Anda terentang sepenuhnya dan tubuh Anda bergantung. 6) Ulangi latihan ini berulang-ulang.

197 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Gambar 5.9 Fungsi Pembelajaran Ketahanan Otot Lengan (Single Bar Raise) Diskusikan hasil pengamatanmu dengan teman dan guru. Lakukan latihan ketahanan otot lengan dengan cara memanjat satu batang, kemudian bandingkan hasil pengamatan Anda dengan cara berikut. 1) Rasakan gerakannya. 2) Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan pengamatan Anda dan lihat mana yang paling mudah dilakukan. 3) Jika mengalami kesulitan, tanyakan atau diskusikan dengan guru atau teman. 3. Aktivitas Latihan Daya Tahan Kardiovaskular dan Paru Daya tahan merupakan kemampuan individu untuk melakukan suatu tugas dalam jangka waktu yang relatif lama. Istilah lain yang sering digunakan adalah cardiovaskuler endurance breathing, yaitu daya tahan yang berhubungan dengan pernapasan, jantung, dan peredaran darah. Latihan yang dapat dan memang meningkatkan daya tahan kardiorespirasi meliputi:

Buletin Maba Kronika Edisi 40 By Lpm Kronika

Tekanan yang harus diberikan dalam senam irama, apa yang harus dilakukan saat tekanan darah tinggi, apa yang harus dilakukan ketika tekanan darah tinggi, tekanan yang harus diberikan pada senam irama, makanan yang harus dihindari penderita tekanan darah tinggi, makanan yang harus dihindari tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi apa yang harus dilakukan, tekanan yang harus diberikan dalam senam irama adalah, mpasi pertama yang harus diberikan, makanan yang harus dihindari saat tekanan darah tinggi, apa yang harus dilakukan jika tekanan darah tinggi, vaksin yang harus diberikan pada kucing

close