Berita  

Tunjungan Plaza Kebakaran, Api Bermula Dari Plafon Restoran Di Lantai 5 Hingga Menjalar Ke Lantai 12

Kebakaran telah terjadi di Tunjungan Plaza Surabaya (TP 5) pada Rabu (13/4/2022), tepatnya pada pukul 17.32 WIB.

Dilansir Surya.co.id, Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol Dirmanto, mengungkapkan, api diduga berasal dari salah satu plafon restoran yang ada di lantai 5.

Kemudian api terus menjalar hingga mencapai lantai 12.

Namun Dirmanto menegaskan bahwa pihaknya kini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran.

“Meski demikian, kami masih terus melakukan penyelidikan terkait penyebab kejadian tersebut,” kata DIrmanto dilansir Surya.co.id, Kamis (14/4/2022).

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi juga mengungkapkan hal yang sama.

Eri yang menyaksikan langsung dari lokasi kebakaran menyebut api diduga muncul dari sebuah tempat makan di TP 5 dan terus membesar hingga mencapai lantai 12.

Menurut Eri, kondisi lantai 4 dan 5 Tunjungan Plaza Surabaya ini dipenuhi asap pekat saat kebakaran.

Beruntung kebakaran ini tidak menyebabkan korban jiwa.

Hal itu dikarenakan pihak manajemen dengan cepat mengeluarkan para pengunjung.

“Lantai 11,10, 9, dan 8 kami semprot terus dengan air dari luar. Kami masuk ke dalam dan turun dari lantai ke lantai. Di lantai 4 dan 5, asapnya pekat.”

“Kami tadi mencari di lantai 4 juga alhamdulillah tidak ada korban. Mungkin api dari tempat makan. Kemudian masuk ke jaringan pembuangan akhirnya naik ke lantai 12. Kami juga naik dan mendobrak ruangan disana juga tidak ada api. Lalu masuk di lantai 5 baru ada asap pekat,” terang Eri.

Polisi Lakukan Olah TKP Awal Selidiki Penyebab Pasti Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya

Diwartakan sebelumnya, kepolisian mulai melakukan investigasi penyebab kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur.

Terlihat sejumlah orang berpakaian oranye bertuliskan Inafis mulai melakukan serangkaian tahapan olah tempat kejadian perkara (TKP) di halaman depan gedung yang terbakar tersebut.

Beberapa di antara mereka terpantau memasuki bangunan mall yang saat itu dalam keadaan gelap gulita, sekitar pukul 20.38 WIB.

Kemudian, ada pula yang melakukan aktivitas pemotretan terhadap beberapa sisi komponen bangunan mall.

Kemudian, beberapa orang lainnya, ada yang melakukan pemantauan menggunakan alat bantu senter ke arah lantai yang terbakar.

Ternyata, sejumlah orang yang berpakaian Inafis tersebut, dikomandoi seorang perwira, AKBP Mirzal Maulana, yang merupakan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Mengenakan kemeja lengan pendek warna putih, Mirzal sesekali memberi komando kepada anggotanya mendekati beberapa bagian bangunan gedung untuk mengambil dokumentasi foto.

Kuat diduga Mirzal sedang melakukan proses olah TKP awal terhadap bangunan mall yang terbakar pada pukul 17.30 WIB, Rabu (13/4/2022) itu.

Sementara itu, Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya, bakal dikerahkan untuk melakukan investigasi atas kebakaran di sebuah lantai Gedung Tunjungan Plasa (TP) 5.

(/Faryyanida Putwiliani/Luhur Pambudi)(Surya.co.id/Arum Puspita)

Baca berita lainnya terkait Tunjungan Plaza Kebakaran.